Gegara Teroris, Tiga Negara Ini Putuskan Hubungan dengan Qatar

Gegara Teroris, Tiga Negara Ini Putuskan Hubungan dengan Qatar

Raja Saudi Salman bin Abdulaziz (R) berjalan bersama Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani dalam sebuah upacara penyambutan kedatangan Hamad al-Thani untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Negara (F

Jakarta – Pemimpin Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain memutuskan hubungan dengan Qatar pada Senin (5/6) lantaran ketahuan mendukung terorisme yang membuat keretakan terburuk selama bertahun-tahun di antara beberapa negara terkuat di dunia Arab.

Dilansir Reuters, tiga negara bagian Teluk bahkan dikabarkan sudah memberi peringatakan  kepada pengunjung dan warga Qatar dua minggu kedepan meninggalkan negara mereka. Qatar juga dieliminasi dari koalisi pimpinan Saudi di Yaman.

Perusahaan penerbangan Etihad Airways milik Abu Dhabi juga mengatakan, akan menunda semua penerbangan ke dan dari Doha mulai Selasa pagi sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Raksasa minyak, Arab Saudi menuduh Qatar mendukung kelompok militan dan menyiarkan ideologi mereka, dalam sebuah referensi yang jelas ke saluran satelit milik Qatar yang bermarkas di Al Jazeera.

“Qatar (Qatar) mencakup beberapa kelompok teroris dan sektarian yang bertujuan mengganggu stabilitas di kawasan ini, termasuk Ikhwanul Muslimin, ISIS (Islam) dan Al-Qaeda, dan mempromosikan pesan dan skema kelompok-kelompok ini melalui media mereka secara terus-menerus,” menurut laporan kantor berita Saudi.

Pernyataan tersebut menuduh Qatar mendukung militan yang didukung oleh Iran di wilayah Qatif dan Bahrain yang berpenduduk mayoritas Muslim Syiah.

Hingga kini, Qatar tidak memiliki reaksi langsung terhadap pengumuman tersebut. Sementara pejabat Qatar tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar, namun sejauh ini  Hamas membantah mendukung terorisme atau Iran di masa lalu.

TAGS : Arab Saudi Mesir UEA Bahrain Qatar Teroris

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/17116/Gegara-Teroris-Tiga-Negara-Ini–Putuskan-Hubungan-dengan-Qatar/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz