Take a fresh look at your lifestyle.

Gegara `Lubang Dubur`, Kedubes AS di Haiti Tutup

0 8
Gegara `Lubang Dubur`, Kedubes AS di Haiti Tutup

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menaiki Air Force One menuju KTT APEC di Danang, Vietnam pada tanggal 11 November 2017 (Reuters / Jonathan Ernst)

Port-au-Prince – Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di ibu kota Haiti, Port-au-Prince sementara waktu tidak beroperasi menyusul aksi ribuan demonstran memprotes Presiden Donald Trump.

Ribuan orang berjalan menuju gedung kedubes Amerika Serikat di kota Port-Au-Prince untuk memprotes perkataan Trump yang menghina imigran asal Amerika Latin dan negara-negara Afrika.

Demo itu juga memprotes keputusan pemerintah Washington yang mengakhiri program pemberian izin tinggal sementara kepada 60.000 warga Haiti.

Polisi Haiti telah menutup pintu-pintu gedung kedubes dengan barikade untuk menahan demonstran yang berusaha masuk ke gedung. Polisi juga sempat menembakan gas air mata ke kerumunan demonstran setelah mereka mulai melemparkan batu ke gedung kedubes AS.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kedutaan Amerika Serikat, gedung ditutup sementara karena protes yang berlangsung di depan kedutaan kemarin sore. Karyawan diperingatkan untuk menjauh dari pengunjuk rasa. Pihak kedubes belum menentukan apakah hari ini gedung kedubes akan dibuka atau kembali ditutup, Semuanya tergantung perkembangan di lapangan..

Sebelumnya, dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih, Trump menggunakan kata-kata negatif kepada para imigran yang berasal dari beberapa negara Amerika Latin dan Afrika, “Mereka datang dari negara-negara yang menjijikkan,” kata Trump dilansir dari AA, Rabu (24/1).

Pada Kamis (11/1) lalu, Trump dituduh menggunakan umpatan “shithole” (lubang dubur) untuk menggambarkan negara-negara Afrika dalam sebuah pertemuan Oval Office bersama kelompok bipartisan yang terdiri dari enam senator tentang kesepakatan imigrasi.

Pemerintah Haiti menentang perkataan Presiden Amerika Serikat yang mengandung unsur rasisme tersebut. “Walau bagaimana pun kata-kata rasis Presiden Amerika Serikat ‘menjijikan dan jelek’ tidak bisa diterima dari segi apapun,” ungkap pemerintah Haiti.

TAGS : Donald Trump Afrika Haiti

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28242/Gegara-Lubang-Dubur-Kedubes-AS-di-Haiti-Tutup/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments