Take a fresh look at your lifestyle.

Festival Panca Karsa, Model Fun Campaign Pertama di Indonesia

0 2
Festival Panca Karsa, Model Fun Campaign Pertama di Indonesia

Kirab Panca Karsa

Bogor – Cara kampanye yang dilakukan calon Bupati Bogor,  Hj. Ade Yasin dan Iwan Setiawan (HADIST) ini terbilang unik, untuk menggaet  warga tanpa mengerahkan massa, pasangan nomor urut 2 ini menggelar kegiatan Festival Pancakarsa.

Kegiatan Festival Panca Karsa merupakan metode kampanye unggulan Pasangan Calon nomor urut 2  yang diselenggarakan setiap akhir pekan diseluruh daerah di Kabupaten Bogor dengan konsep acara yang dibuat Fun dan berbeda menyesuaikan dengan kearifan lokal dan potensi setiap daerah. Saat digelar di Desa Caringin  Kabupaten Bogor misalnya, Ade Yasin dan Iwan Setiawan mengemas kegiatan sosialisasi programnya dengan Kirab Panca Karsa sebagai bagian utama dari Festival.

Kirab Panca Karsa dibuat sebagai wujud dari salah satu Program Pancakarsa, yaitu Bogor Berkeadaban. Kegiatan ini melibatkan berbagai perguruan pencak Silat Cimande, dikemas menarik dan tidak formal sehingga memberi daya tarik kepada masyarakat untuk menyaksikannya. Selain berbagai perguruan Pencak Silat yang menyertai Kirab, ribuan masyarakat ternyata juga sangat antusias bahkan tumpah ruah memadati jalan Raya Bogor Sukabumi.  Saat tiba di tempat acara, selain diberikan pengalungan bunga, Ade Yasin dan Iwan Setiawan juga disambut oleh atraksi pencak silat dan upacara parebut seeng sebagai tanda diterimanya oleh masyarakat Cimande. Kegiatan ini semakin menarik ketika pesilat cilik asli dari Cimande menunjukan kebolehannya. 

Dimasukkan atraksi pencak silat sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan budaya di Kabupaten Bogor. Artinya, Kirab Panca Karsa menjadi fun campaign untuk mengembalikan lagi dan memperkuat eksistensi Seni Beladiri Pencak Silat. 

Model campaign yang bersifat fun dengan Kirab Panca Karsa ini  ternyata cukup efektif mendatangkan massa. “Selalu ada ribuan massa yang datang. Kirab Panca Karsa ini mungkin menjadi metode kampanye pertama yang bersifat fun di Indonesia,” ujar Sekretaris Presidium Tim Pemenangan Pasangan HADIST, Saepudin di Bogor, Senin (23/4).

Gus Udin sapaan akrab Saepudin salah satu penggagas Fun Campaign yang juga mantan Ketua NU Malaysia ini menjelaskan, Hj. Ade Yasin dan Iwan Setiawan merupakan kandidat nomor urut dua dalam Pilkada Kabupaten Bogor yang mengusung lima program unggulan yang disebut Panca Karsa. Lima Kehendak atau Cita-cita ideal untuk masyarakat Kabupaten Bogor, yaitu Bogor Membangun, Bogor Cerdas , Bogor Sehat, Bogor Maju dan Bogor Berkeadaban.

Dengan bentuk fun campaign, Saepudin berharap pasangan HADIST bisa mendapat simpati luas masyarakat Kabupaten Bogor. “Kami optimis kita bisa unggul, karena selain meningkatkan popularitas bentuk fun campaign ini juga mendekatkan paslon dengan masyarakat dan selalu diikuti oleh massa yang lebih banyak saat kampanye melalui Festival Panca Karsa ini,” tambah mantan Sekretaris Jendral Ikatan Komunitas Merah Putih Malaysia ini.

TAGS : festival panca karsa pilkada bogor

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33088/Festival-Panca-Karsa-Model-Fun-Campaign-Pertama-di-Indonesia/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments