Take a fresh look at your lifestyle.

Fahri: PMI Jadi Prioritas Jepang

0 3
Fahri: PMI Jadi Prioritas Jepang

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah saat kunjungan kerja ke Jepang

Jakarta – Standar Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang cukup tinggi bakal menjadi prioritas Jepang dalam menampung pekerja. Alasannya, kualifikasi pekerja yang diinginkan Jepang sejalan dengan PMI yang dimiliki Indonesia.

Ketua Delegasi Tim Pengawassan (Timwas) PMI, Fahri Hamzah mengatakan, standar yang dimiliki PMI sebetulnya sudah cukup tinggi. Sehingga, ketika direkrut program magang untuk Jepang akan mendapat prioritas.



“Ini yang saya bayangkan, bisa membuat Indonesia itu berada sebagai prioritas di negara Jepang ini, mengingat proses penyiapannya di Indonesia sudah dilakukan secara baik,” kata Fahri, melalui pesan singkatnya, Jakarta, Kamis (8/11).

Sebab, kata Fahri, peserta magang dapat menimba pengetahuan serta kompetensi para PMI di 75 bidang kejuruan. Beberapa kejuruan yang menjadi favorit adalah manufaktur, konstruksi, perkapalan, pertanian, perikanan, perawatan mobil dan asisten perawat lansia.

“Dari sisi kita, regulasinya kita sudah beres semua. Artinya, bahkan tanpa sistem pemagangan pun kita percaya bahwa angkatan kerja kita sanggup masuk ke pasar-pasar seperti Jepang ini, yang memiliki keinginan dan kualifiasi yang tinggi. Apalagi, karena di Jepang sudah program magang,” terangnya.

Apalagi, lanjut Fahri, sistem perlindungan para pekerja di Jepang cukup baik. Dimana, sistem pemegangan mendapat perlindungan penuh dalam undang-undang ketenagakerjaan Jepang.

Menurutnya, hal itu menjadi peluang yang sangat bagus dan harus dimanfaatkan oleh para PMI. Untuk itu, DPR siap mendukung kerja sama untuk pemenuhan pasar yang ada agar dapat berjalan dengan baik.

“Kami sepakat bahwa Jepang adalah negara terbaik dalam pemenuhan hak-hak pekerja,” katanya.

Fahri melakukan kunjungan kerja ke Tokyo didampingi sejumlah anggota delegasi, yakni Abidin Fikri (Fraksi PDIP), Ketut Sustiawan (Fraksi PDIP), Dave Fikarno (Fraksi Partai Golkar), Andi Fauziah (Fraksi Partai Golkar), Elnino M. Husein (Fraksi Gerindra), Anton Sukartono (Fraksi Partai Demokrat), Saleh Daulay (Fraksi PAN), Ahmad Zainuddin (Fraksi PKS), Ermalena (Fraksi PPP), dan Irma Suryani (Fraksi NasDem).

TAGS : Pekerja Migran Indonesia Fahri Hamzah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43546/Fahri-PMI-Jadi-Prioritas-Jepang/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments