Take a fresh look at your lifestyle.

Eks Wali Kota Palembang Meninggal Dunia di Lapas Gunung Sindur

0 5
Eks Wali Kota Palembang Meninggal Dunia di Lapas Gunung Sindur

Wali Kota Palembang nonaktif Romi Herton (kanan) bersama istrinya Masyitoh (kedua kanan) usai menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Jakarta – Terpidana kasus suap Pilkada Palembang Romi Herton meninggal dunia Kamis (28/9/2017). Mantan Wali Kota Palembang ini tutup usia saat masih menjalani pidana penjara di Lapas Gunung Sindur, Bogor.

“Betul, jadi jam 01.00 WIB di lapas Gunung Sindur kita dapat kabar kalau beliau meninggal‬,” ucap pengacara Romi, Sirra Prayuna saat dikonfirmasi.

‬Romi tutup usia lantaran diduga terkena serangan jantung. Sebelum meninggal dunia, Romi setelah sempat dibawa ke Rumah Sakit Hermina Serpong, Tangerang.

“Memang sakitnya ini sudah lama. Tiba-tiba serangan jantung muncul lagi. Dapat kabar jam 1 mau ke toilet sempat jatuh dan linglung‬,” ujar Sira.

‬Jenazah akan dikebumikan di kampung halamannya. “Sekarang di keluarkan dari lapas untuk dipulangkan dari Halim Perdana Kusuma. Kita persipan kepualangan,” tandas Sira.

Romi Herton dan istrinya Masyito terbukti memberikan uang Rp 14,145 miliar dan 316.700 dolar AS kepada Hakim Mahkamah Konstitusi, M Akil Mochtar. Uang itu untuk memengaruhi putusan perkara permohonan keberatan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) kota Palembang yang sedang ditangani oleh Akil.

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memutuskan memperberat hukuman terhadap Romi Herton dan istrinya Masyito. Romi dijatuhi pidana 7 tahun penjara, dan istrinya dijatuhi hukuman 5 tahun penjara. Romi dan Masyoto juga harus membayar denda masing-masing sebesar Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan. Tak hanya itu, PT DKI juga mencabut hak politik keduanya.

Sebelum dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, pada Februari 2017 lalu, Romi Herton telah lebih dulu menghuni Lapas Sukamiskin, Bandung. Mantan Wali Kota Palembang itu dipindah karena terbukti melakukan pelanggaran dengan berpelesir ke luar lapas.

Romi izin berobat di Rumah Sakit Hermina Bandung pada 15 Desember 2016. Romi keluar pada pukul 07.45 WIB dan baru kembali ke lapas pada pukul 20.30 WIB. Ia diduga singgah dirumah yang ia sewa di kawasan Antapani, Bandung.

 

TAGS : Kasus Korupsi Romi Herton Wali Kota Palembang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22460/Eks-Wali-Kota-Palembang-Meninggal-Dunia-di-Lapas-Gunung-Sindur/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments