Take a fresh look at your lifestyle.

Dubes AS di PBB Ajak Koalisi Internasional Lawan Iran

0 6
Dubes AS di PBB Ajak Koalisi Internasional Lawan Iran

Duta besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nikki Haley (L) dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Reuters/Kevin Lamarque)

Washington – Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nikki Haley mendesak koalisi internasional untuk melawan pengaruh Iran di Timur Tengah. Ia menuduh negara tersebut “mengipasi api konflik” di wilayah tersebut.

Haley mengatakan bahwa Amerika Serikat menemukan bukti bahwa rudal balistik Iran dipindahkan ke, dan digunakan oleh, kelompok pemberontak Houthi di Yaman.

“Di gudang ini adalah bukti konkret dari proliferasi senjata ilegal di Iran yang dikumpulkan dari serangan militer langsung terhadap mitra kami di wilayah tersebut,” kata Haley dalam sebuah konferensi pers di sebuah hanggar militer di dekat Washington DC pada Kamis, (14/12).

“Amerika Serikat akan membangun koalisi untuk benar-benar menekan Iran dan apa yang mereka lakukan”, kata Haley, tanpa menjelaskan secara spesifik, dilansir dari Al Jazeera, Jumat (15/12)

Sekutu Amerika Serikat yang gigih di wilayah mengatakan bahwa potongan senjata yang dipulihkan berasal dari rudal yang dipecat oleh militan Houthi dari Yaman ke Arab Saudi. 

Haley mengatakan tanda-tanda pada rudal tersebut membuktikan bahwa ia dibuat di Iran. “Ini adalah buatan Iran, ini adalah pengiriman Iran, dan ini inilah yang Iran berikan,” katanya.

Kantor berita Reuters mengatakan bahwa Iran membantah memasok pemberontak Houthi dengan senjata tersebut. Ia menyebut puing-puing senjata yang ditunjukkan Haley pada Kamis hanya buat-buatan.

Menteri luar negeri Iran, melalui akun Twitteranya, @JZarif menanggapi dengan mengeposkan foto berdampingan Nikki Haley dan duta besar Amerika Serikat untuk PBB selama pemerintahan George Bush, Colin Powell. 

Powell mengatakan kepada PBB bahwa Irak memiliki senjata pemusnah massal, sebuah klaim yang membangun kasus invasi Amerika Serikat ke Irak pada tahun 2003 dan kemudian tidak disetujui.

“Ketika saya berbasis di PBB, saya melihat pertunjukan ini dan apa yang diemisikan,” kata Zarif dalam Twitt tersebut.

TAGS : Nikki Haley Iran Timur Tengah Rudal

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26360/Dubes-AS-di-PBB-Ajak-Koalisi-Internasional-Lawan-Iran-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments