Take a fresh look at your lifestyle.

Ditjen Hubla Optimalkan Kapal Tol Laut Disribusikan APD ke Pelosok

0 1
Ditjen Hubla Optimalkan Kapal Tol Laut Disribusikan APD ke Pelosok

Kapal-kapal tol laut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dioptimalkan untuk mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) ke pelosok daerah.

JAKARTA, jurnas.com –Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengoptimalkan kapal-kapal tol laut untuk mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) ke pelosok daerah.

“Tol laut bisa kita manfaatkan untuk membantu distribusi barang ke daerah terpencil, terluar, dan terisolir, di tengah pandemi virus corona,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Menurut Capt. Wisnu, kegiatan ini untuk membantu para dokter dan petugas medis melawan penularan dan penanganan virus corona sisease 2019 (Covid-19) yang terus menebar ancaman.

Bahkan, Kemenhub sudah menggratiskan distribusi Alat Pelindung Diri (APD) ke Tahuna, Sulawesi Utara.

Menurutnya, spesifikasi APD yang dapat dikirimkan yaitu APD yang dibutuhkan dalam menangani virus corona, yaitu penutup kepala (nurse cap), kacamata pelindung (safety google), pelindung wajah dan masker (masker N95 dan masker surgical), penutup telinga, jas lab/apron/cover all suit, sarung tangan, dan pelindung kaki/sepatu (sepatu boots/safety shoes).

Selain itu, Capt. Wisnu menjelaskan bahwa Ditjen Perhubungan Laut telah menerbitkan surat yang ditujukan kepada Direktur Utama PT. Pelni, Direktur Utama PT Djakarta Lloyd, Direktur Utama PT ASDP Ferry, Direktur Utama PT Temas, Direktur Utama PT Pelangi Tunggal Ika dan Direktur Utama PT Luas Line untuk turut mendukung dan membantu pengiriman APD melalui tol laut tanpa mengabaikan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Ia mengungkapkan bahwa program tol laut telah berjalan sejak tahun 2016. Saat ini, kapal yang melayani program tol laut terdapat 26 kapal yang terdiri dari 14 kapal negara, 5 kapal milik PT. Pelni, 5 kapal PT. ASDP dan 2 kapal swasta dengan jumlah trayek sebanyak 26 trayek, 3 pelabuhan pangkal, 6 pelabuhan transhipment dan 90 pelabuhan singgah.

TAGS : APD Ditjen Hubla Tol Laut corona covid-19

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70205/Ditjen-Hubla-Optimalkan-Kapal-Tol-Laut-Disribusikan-APD-ke-Pelosok/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments