Diserang AS dan Sekutu, China "Babak Belur" di Sidang PBB

Diserang AS dan Sekutu, China "Babak Belur" di Sidang PBB

Duta Besar Inggris Karen Pierce pada Selasa dalam sebuah pernyataan di komite hak asasi manusia Majelis Umum PBB atas nama 23 negara termasuk AS, Jerman, Prancis, dan Jepang dilansir Boomberg, Rabu (30/10).

Jakarta, Jurnas.com – Amerika Serikat dan sekutu Baratnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa mengkritik tajam perlakuan China terhadap etnis Uighurnya, di mana China dianggap telah melanggar hak asasi manusia.

“Kami menyerukan pemerintah China untuk menegakkan hukum nasional dan kewajiban internasional serta komitmen untuk menghormati hak asasi manusia, termasuk kebebasan beragama atau berkeyakinan,” kata Duta Besar Inggris Karen Pierce pada Selasa dalam sebuah pernyataan di komite hak asasi manusia Majelis Umum PBB atas nama 23 negara termasuk AS, Jerman, Prancis, dan Jepang dilansir Boomberg, Rabu (30/10).

Kritik Barat terhadap China yang berusaha diggaungkan oleh AS di PBB dan badan-badan global lainnya datang pada saat yang sensitif. Wakil Presiden Mike Pence pekan lalu mengkritik tindakan China terhadap pengunjuk rasa di Hong Kong karena kedua negara tetap terkunci dalam perang dagang dan desakan untuk dominasi militer dan komersial di Pasifik.

China dengan cepat mengambil reaksi terhadap kritik tersebut. 54 negara termasuk Rusia, Mesir, Bolivia, dan Pakistan menandatangani pernyataan bersama yang memuji “prestasi luar biasa China di bidang hak asasi manusia.”

Pernyataan itu menambahkan bahwa tindakan China di provinsi Xinjiang bagian barat telah menjadi tanggapan yang dapat dibenarkan terhadap tantangan terorisme dan ekstremisme.

Surat yang dipimpin AS mengkritik upaya China untuk membatasi praktik budaya dan agama, pengawasan massal yang menargetkan etnis Uighur secara tidak proporsional, dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya serta pelanggaran di Xinjiang.

Komisi menyerukan kepada pemerintah China untuk mengizinkan Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia dan Prosedur Khusus PBB dapat mengakses hingga ke provinsi.

Pemerintahan Trump bulan ini membuat larangan visa pada pejabat China terkait dengan penahanan massal umat Islam, yang terbaru dalam serangkaian langkah AS yang meningkat untuk menekan Beijing atas apa yang oleh Sekretaris Negara Michael Pompeo disebut sebagai “noda abad ini.”

TAGS : Amerika Serikat Sidang PBB Pemerintah China

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61708/Diserang-AS-dan-Sekutu-China-Babak-Belur-di-Sidang-PBB/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz