Take a fresh look at your lifestyle.

Dampak Virus Corona, Mendag Sarankan Pengusaha Cari Alternatif Kerjasama Selain China

0 5
Dampak Virus Corona, Mendag Sarankan Pengusaha Cari Alternatif Kerjasama Selain China

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyarankan para pengusaha untuk mencari alternatif negara lain selain China untuk memenuhi kebutuhan kerjasama perdagangan.

Imbauan Mendag Agus ini sebagai reaksi atas mandeknya sejumlah kerjasama perdagangan dengan China akibat wabah virus corona dari negara tirai bambu.

“Pengusaha disarankan cari alternatif negara lain. Karena kita tidak bisa instan,” ujar Agus Suparmanto dalan diskusi PKB bertema “Kesiapan Perdagangan Indonesia Menghadapi Wabah Virus Corona” di kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh 09, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Diskusi itu dibuka oleh Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar, Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza, Direktur CORE Indonesia Muhammad Faisal, dan Waketum Kadin Benny Soetrisno.

Agus mengakui, efek virus corona terhadap sektor perdagangan Indonesia memang terasa. Terjadi perlambatan ekonomi di sejumlah sektor usaha.

Maklum, pergerakan barang dari China tentu dibatasi dengan adanya wabah yang sudah menjadinisu internasional tersebut.

“Kemudian juga pengiriman barang mengenai loading banyak persyaratan dengan kondisi sekarang ini,” jelasnya.

Agus menyebut nilai perdagangan Indonesia dan China mengalami perlambatan. Namun tidak bisa serta merta disebut menurun.

“Kecuali elektronik, memang agak tergerus karena pabrik di sana di Wuhan ini setop. Hanya itu saja,” ungkapnya.

Kata Agus, penurunan memang terjadi pada sektor impor bahan baku dari China. Apalagi nilai impor Indonesia dari Tiongkok hampir 30 persen berupa bahan baku.

“Ya tapi di sini tidak penurunan tajam sekali, hanya perlambatan,” ungkapnya.

Oleh sebab itulah, ia menyarankan agar para pengusaha mencari alternatif negara lain selain China.

“Jadi memang harus ada waktu untuk paling tidak alternatif. Artinya begini kita mengimbau untuk segera mencari alternatif. Karena kalau tidak produksi terhenti. Produk-produk ini cari bahan baku cari alternatif dari Tiongkok,” tegas Agus.

TAGS : Menteri Perdagangan Agus Suparmanto PKB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68535/Dampak-Virus-Corona-Mendag-Sarankan-Pengusaha-Cari-Alternatif-Kerjasama-Selain-China/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments