Take a fresh look at your lifestyle.

Dalam 10 Hari, Koalisi Saudi Tewaskan 109 Warga Sipil Yaman

0 5
Dalam 10 Hari, Koalisi Saudi Tewaskan 109 Warga Sipil Yaman

Rakyat Yaman menunggu antrian tabung gas (LA Times)

Geneva –  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan serangan koalisi pimpinan Saudi di Yaman sudah menewaskan 109 warga sipil dalam 10 hari tarakhir, termasuk 54 di sebuah pasar dan 14 anggota satu keluarga di sebuah peternakan.

Koordinator penduduk PBB Jamie McGoldrick menyebut pertempuran itu sia-sia dan tidak masuk akal. Ini merupakan kritikan langsung terhadap koalisi yang didukung oleh Amerika Serikat, Inggris dan lainnya, yang  sedang memerangi gerakan bersenjata Houthi.

Mengutip laporan awal dari Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) McGoldrick mengatakan, serangan udara menghantam sebuah pasar yang ramai di  Al Hayma Attazziah di gubernur Taiz pada Selasa, menewaskan 54 orang dan melukai 32 lainnya.

Delapan dari korban tewas dan enam yang terluka adalah anak-anak, menurut laporan tersebut. Pada hari yang sama sebuah serangan udara di sebuah peternakan di distrik Attohayta, gubernur Hodeidah membunuh 14 orang, dan serangan udara di tempat lain membunuh 41 warga sipil lainnya dan melukai 43 lainnya dalam 10 hari terakhir.

“Insiden ini membuktikan ketidakpedulian sepenuhnya terhadap kehidupan manusia bahwa semua pihak, termasuk Koalisi yang dipimpin Saudi, terus menunjukkan perang absurd ini hanya mengakibatkan kehancuran negara dan penderitaan yang tidak disengaja dari orang-orangnya, yang dihukum sebagai bagian dari kampanye militer yang sia-sia oleh kedua belah pihak,” kata McGoldrick.

“Menurut hukum internasional, pihak yang berperang harus menyisihkan penduduk sipil dan infrastruktur sipil,” tambahnya.

PBB tidak memiliki jumlah korban tewas di Yaman, setelah mengatakan pada bulan Agustus 2016 bahwa menurut pusat medis setidaknya 10.000 orang telah terbunuh.

PBB mengatakan bahwa Yaman adalah krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan sekitar 8 juta orang di ambang kelaparan, epidemi kolera yang telah menginfeksi 1 juta orang, dan keruntuhan ekonomi di negara yang paling miskin di dunia Arab.

TAGS : PBB Yaman Arab Saudi Houthi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27023/Dalam-10-Hari-Koalisi-Saudi-Tewaskan-109-Warga-Sipil-Yaman/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments