Take a fresh look at your lifestyle.

Corona Mereda di China, Presiden Xi Jinping akan Bantu Iran

0 4
Corona Mereda di China, Presiden Xi Jinping akan Bantu Iran

Presiden Tiongkok, Xi Jinping diambil suhunya dengan termometer setelah mengunjungi pasien virus corona pada 10 Februari 2020 (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com – Presiden China, Xi Jinping telah menyatakan belasungkawa kepada Iran atas wabah virus corona, dengan mengatakan Beijing siap membantu Teheran mengatasi penyakit itu.

Selama panggilan telepon pada Sabtu (14/3), Xi menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Hassan Rouhani atas sejumlah warga Iran yang meninggal karena virus yang belakangan dikenal COVID-19.

Ia mengatakan China akan terus memberikan sebanyak mungkin bantuan kepada Iran untuk mengatasi penyakit tersebut. “China dan Iran adalah mitra strategis yang komprehensif dan kedua negara menikmati persahabatan yang sudah tumbuh sejak dahulu,” katanya.

Pesiden Xi mengatakan, pemerintah Iran dan warganya menawarkan dukungan dan bantuan tulus dan ramah kepada China ketika virus pertama kali muncul di negara itu.

“Untuk membantu Iran melawan epidemi, Tiongkok sudah mengirim bahan dan ahli medis ke Iran,” katanya.

Pada bulan Februari, Iran mengirim dua juta maskersetara dengan satu hari dari total produksi masker negara  untuk membantu China mengatasi kebutuhannya dalam melawan penyebaran virus corona.

Di hari yang sama, Juri Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi menunjukkan bahwa banyak negara telah mengirim uang tunai dan peralatan medis untuk membantu Republik Islam dalam perjuangannya melawan wabah coronavirus.

Lewat akun Twitternya, Ia mengatakan, pemerintah dan warga Iran tidak akan pernah melupakan teman-teman mereka yang kesulitan.

China tampaknya telah melewati puncak wabah virus corona. Angka-angka menunjukkan terjadi penurunan besar dalam kasus-kasus baru di negara itu.

Pusat kekuatan Asia itu sudah mengambil langkah-langkah tegas sejak wabah dimulai, termasuk mengunci Wuhan, sebuah kota dengan sekitar 11 juta orang, yang tampaknya telah terbayar.

Penyakit ini muncul di Wuhan, ibukota provinsi Hubei, akhir tahun lalu dan saat ini memengaruhi 1.491 negara dan wilayah di seluruh dunia. Sejauh ini telah menginfeksi lebih dari 147.000 orang dan membunuh lebih dari 5.500 lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah korona sebagai pandemi global. (Press TV)

TAGS : Presiden China Xi Jinping Virus Corona Hassan Rouhani Bantuan Medis

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68964/Corona-Mereda-di-China-Presiden-Xi-Jinping-akan-Bantu-Iran-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments