Take a fresh look at your lifestyle.

China Hentikan Impor Minyak dari AS

0 3
China Hentikan Impor Minyak dari AS

Bor minyak (Foto: Shutterstock)

Jakarta – Perusahaan raksasa minyak utama China telah berhenti mengimpor minyak dari Amerika Serikat karena eskalasi perang perdagangan antara kedua negara.

Pengilang terbesar China, Sinopec, menangguhkan pesanan baru dari minyak AS yang mengkhawatirkan tarif baru pada produk energi AS yang akan membuat minyak mentah lebih mahal.



Sebuah sumber yang dekat dengan Unipec, rekan perdagangan Sinopec, mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan belum menempatkan pesanan untuk membeli minyak dari AS setidaknya hingga Oktober.

Hal tersebut dilakukan China sebagai pembalasan atas kenaikan tarif AS telah menempatkan produk energi AS pada daftar tarif 25 persen.

Keputusan itu bertentangan dengan apa yang dikatakan konsumen minyak Cina sebelumnya. Diharapkan bahwa Unipec meningkatkan impor minyak dari AS tiga kali lipat jumlah yang dibelinya tahun lalu.

“Ketiadaan China, pembeli terbesar minyak mentah AS setelah Kanada, sebagian telah membebani harga spot AS, membuat mereka lebih terjangkau untuk pembeli lain di Asia,” lapor Reuters.

Penurunan impor minyak AS oleh China terjadi beberapa bulan setelah Washington menekan sekutu-sekutunya untuk menghentikan impor minyak dari Iran pada November. Presiden AS Donald Trump telah memutuskan untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir dan memperketat sanksi terhadap ekonomi Iran.

Beijing menolak untuk menghentikan impor dari Iran, yang merupakan pukulan bagi upaya AS untuk mengisolasi negara itu.

TAGS : China Amerika Minyak Trump

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/38885/China-Hentikan-Impor-Minyak-dari-AS/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments