Take a fresh look at your lifestyle.

China Desak Korut Tak Buka Peperangan

0 7
China Desak Korut Tak Buka Peperangan

Hua Chunying

Beijing – Pemerintah China mendesak semua negara melakukan upaya untuk mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea. Desakan ini menyusul pernyataan Pyongyang (Korea Utara) bahwa sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang baru adalah tindakan perang dan sama saja memblokade ekonominya secara menyeluruh.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan, pihaknya telah meminta Korea Utara agar tidak membuka peperangan dan menggunakan cara damai untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dia menambahkan, semua pihak juga harus mengambil langkah untuk mengurangi ketegangan.

“Dalam situasi sekarang, kami meminta semua negara untuk menahan diri dan melakukan upaya proaktif dan konstruktif untuk meredakan ketegangan di semenanjung dan menyelesaikan masalah dengan tepat,” ujar Hua, dilansir dari Reuters, Senin (25/12).

Pada Jumat (21/12) PBB dengan suara bulat memberlakukan resolusi baru terhadap Korea Utara setelah uji coba rudal balistik antar benua baru-baru ini. Saknsi membatasi aksesnya terhadap produk minyak bumi dan minyak mentah, serta pendapatannya dari pekerja di luar negeri.

Resolusi yang disusun Amerika Serikat itu juga membatasi pasokan minyak mentah ke Korea Utara sebesar 4 juta barel per tahun dan akan dikurangi jika masih melakukan uji coba nuklir lagi atau meluncurkan rudal balistik antar benua (ICBM). Berselang dua hari, Korea Utara menolak dekre tersebut. Ia menyebutnya sebagai tindakan perang.

Pada bulan November, Korea Utara menuntut penghentian apa yang disebutnya “sanksi brutal”. Ia mengatakan resolusi yang diberlakukan setelah uji coba nuklir keenam dan paling kuat pada 3 September merupakan genosida.

Diplomat Amerika Serikat menjelaskan bahwa mereka mencari solusi diplomatik, namun juga mengusulkan resolusi sanksi baru yang lebih keras untuk meningkatkan tekanan kepada pemimpin Korea Utara.

Sebelumnya, Korea Utara pada 29 November mengatakan bahwa pihaknya berhasil menguji rudal ICBM baru yang menempatkan daratan Amerika Serikat dalam jangkauan senjata nuklirnya.

TAGS : China ICBM Korea Utara Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26883/China-Desak-Korut-Tak-Buka-Peperangan-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments