Take a fresh look at your lifestyle.

China dan Korsel Siap Perbaiki Hubungan Bilateral

0 7
China dan Korsel Siap Perbaiki Hubungan Bilateral

Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Presiden China Xi Jinping (Foto: Xinhua)

Berlin – Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa China ingin bergabung dengan Korea Selatan untuk mengembalikan hubungan bilateral ke jalur yang sehat. Dia mengeluarkan pernyataan tersebut saat bertemu dengan rekannya dari Korea Selatan, Moon Jae In, di depan pertemuan puncak G20 yang akan dilakukan di kota pelabuhan Jerman Utara, Hamburg.

Dilansir dari Xinhua, Xi mengatakan China dan Korea Selatan, dua negara yang secara geografis dekat, berbagi budaya yang saling terkait dan keuntungan komplementer yang menonjol, menambahkan selama 25 tahun terakhir sejak dibentuknya hubungan diplomatik kedua belah pihak telah menyadari lompatan hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Dia mencatat kesediaan Korsel dalam memperbaiki hubungan bilateral dengan mengirimkan delegasinya, untuk menghadiri Form Belt and Road for International Cooperation di Beijing yang akan di helat pada Mei ini.

“Untuk jangka waktu tertentu, hubungan China-Korea Selatan telah menghadapi kesulitan, dan kami tidak ingin melihat itu,” ujar Moon.

Presiden China juga mendesak Seoul untuk memperhatikan masalah utama China dan menangani isu-isu yang relevan dengan benar sehingga dapat mengahpus hambatan bagi pengembangan hubungan bilateral kedua negara.

Menanggapi hal itu Moon menyatakan, “saya memahami kekhawatiran China dan berniat untuk melakukan komunikasi yang mendalam dengan pihak China.”

Xi menegaskan terkait situasi di Semenanjung Korea, Xi menyatakan negaranya berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi, mempromosikan perdamaian serta stabilitas di sana, dan menyelesakan permasalahan yang terjadi melalui dialog.

Dia juga mengusulkan agar semua pihak yang terlibat harus berpegang teguh pada resolusi yang diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB, dengan mengatakan bahwa China mendukung upaya pemerintah baru Korsel yang mencoba memulai kembali kontak dan dialog dengan Republik Rakyat Demokratik Korea.

Presiden Moon juga mengatakan bahwa negaranya setuju dengan usulan tersebut, dan menganggap bahwa masalah itu harus diperbaiki melalui jalur perundingan, ia juga menambahkan bahwa dirinya siap bekerja sama dengan China, dalam denuklirisasi di semenanjung serta menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

TAGS : Internasional China Korea Selatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18502/China-dan-Korsel-Siap-Perbaiki-Hubungan-Bilateral/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments