Take a fresh look at your lifestyle.

China Bakal Tangguhkan Sanksi Korut

0 1
China Bakal Tangguhkan Sanksi Korut

Bendera kebangsaan Korea Utara (L) dan China (Foto: Ng Han Guan)

Jakarta – Pemerintah China berencana akan menangguhkan beberapa sanksi yang diberikan kepada Korea Utara, demi melancarkan kerjasama Beijing dengan Moskow untuk mengembalikan situasi yang berubah dengan cepat di Semenanjung Korea.

Juru bicara Kementerian luar negeri China, Lu Kang mengatakan bahwa setiap kebijakan yang diambik harus bekerja untuk membantu dialog demi menciptakan perdamaian di Semenanjung Korea.

“Komunitas internasional harus secara aktif mempertimbangkan setiap upaya untuk membantu situasi di Semenanjung Korea, sehingga ketegangan mereda dan jalan untuk kembali ke resolusi damai melalui dialog telah pulih,” kata Lu Kang.

Sementara Lu tidak menyebutkan sanksi dalam pernyataan itu, dia juga tidak menutup kemungkinan mengangkat embargo yang mungkin memainkan peran kunci dalam mendorong Korea Utara untuk kembali ke negosiasi dan diplomasi.

“Resolusi sanksi Korut tidak hanya memiliki dampak signifikan terhadap Korut, tetapi juga resolusi untuk mendorong denuklirisasi, perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea,” kata Lu.

“Kita harus bekerja menuju solusi damai,” tambahnya.

Upaya diplomasi di masa lalu telah melibatkan perluasan bantuan ekonomi ke Korea Utara dan administrasi progresif mantan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun telah merencanakan untuk menawarkan 1 miliar USD demi membantu perekonomian Korut pada 2007 silam.

Lim Eul-chul, seorang profesor studi Korea Utara di Universitas Kyungnam, mengatakan Korea Utara kemungkinan akan mencari bantuan dari China dan Amerika Serikat dan tidak hanya bergantung pada Korea Selatan.

Tawaran bantuan Korea Selatan dihentikan setelah pemilihan kelompok garis keras konservatif Lee Myung-bak pada tahun 2008. China dan Rusia mungkin tertarik dengan kerja sama yang dapat meredakan ketegangan.

Dilansir UPI, Diplomat top Rusia Sergey Lavrov dan mitranya dari Cina Wang Yi setuju untuk “membuat kemajuan” dalam mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea.

Ketika bertemu di Beijing, kedua pihak sepakat untuk melakukan “peta jalan” yang dapat melihat penangguhan tes Korea Utara diikuti dengan kesepakatan untuk mengakhiri latihan bersama AS-Korea Selatan di semenanjung itu.

TAGS : China Korut Rusia Semenanjung Korea

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33089/China-Bakal-Tangguhkan-Sanksi-Korut/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments