Take a fresh look at your lifestyle.

Cawapres 2019, Relawan Cak Imin Menjamur

0 2
Cawapres 2019, Relawan Cak Imin Menjamur

Ketum PKB, Muhaimin Iskandar

Jakarta – Meski Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum menentukan sikap terkait calon wakil presiden (Cawapres) pada Pilpres 2019, sejumlah relawan sudah menjamur mendeklarasikan dukungan kepada Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Anggota Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq mengaku, dorongan agar Cak Imin maju sebagai cawapres justru berasal dari relawan dan komunitas yang bergerak sendiri karena ada kebutuhan menghadirkan sosok pemimpin yang pluralis.

“Dukungan ini bukan resmi dari partai. Sampai hari ini partai tidak melakukan deklarasi, tapi terjadi di beberapa titik relawan ada juga komunitas-komunitas,” kata Maman, dalam diskusi bertajuk “Menakar Cawapres Pitensial 2019″, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/11).

Kata Maman, sejumlah relawan yang mendeklarasikan Cak Imin untuk maju di Pilpres 2019 sudah masif di sejumlah daerah. Bahkan, deklarasi tidak hanya datang dari kalangan santri, akan tetapi dari sejumlah elemen masyarakat.

“Mendeklarasikan Cak Imim sebagai calon wakil presiden dan itu masif di mana-mana. Bukan hanya kalangan santri, tapi ada juga kalangan anak-anak jalanan,” kata Maman.

“Ada teman-teman di mana kebetulan saya koordinator aliansi Bhinneka Tunggal Ika melihat sosok Cak Imim sebagai yang berhasil membesarkan dan mempertahanan partai dan melahirkan anak-anak muda yang memiliki ide lebih cemerlang,” tegasnya.

Kata Maman, fenomena ini adalah fenomena penting yang perlu dicermati antara posisi relawan dengan posisi partai politik. Dimana, relawan bersifat partisipatif sementara parpol selalu mobilisasi.

“Kita tahu parpol lebih tertutup dan relawan transparan. Begitu pula parpol selalu menutupi ada nilai kebijakan tetapi kalau kita lihat yang namanya relawan ada di sana yang namanya nilai dan termasuk militansi,” kata Maman.

TAGS : Pilpres 2019 Cawapres Presiden Jokowi Cak Imin

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24500/Cawapres-2019-Relawan-Cak-Imin-Menjamur/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments