Take a fresh look at your lifestyle.

Catatan Tangan Karl Marx "Komunis" Laku Rp7,3 Miliar

0 5
Catatan Tangan Karl Marx "Komunis" Laku Rp7,3 Miliar

Lelang tulisan Karl Marx di China (Foto: China News)

Beijing – Sebuah tulisan tangan Karl Marx yang diambil dari buku Notebook London laku seharga 3,33 juta yuan atau Rp7,3 miliar dalam sebuah lelang yang digelar oleh Dewan Internasional Beijing Lelang Co., Ltd pada awal pekan lalu.

Harga penjualan tersebut diklaim melampaui perkiraan awal, setelah lelang dibuka dari harga 1-1,2 juta yuan.



Dilansir dari China News, dokumen berisi tulisan tangan Marx ditulis dalam bahasa Inggris dan Jerman, berisi Risalah Praktis James William Gilbart tentang Perbankan. Tulisan itu berkali-kali dirujuk oleh Marx saat menulis buku Das Kapital-nya.

Halaman ini awalnya bagian dari 24 catatan Marx tentang ekonomi yang ditulis saat dia tinggal di London antara 1850 hingga 1853. Secara kolektif, catatan itu disimpan di dalam arsip di Berlin dan Amsterdam.

Barang kedua di lelang itu ialah naskah dari sahabat terbaik Marx, Friedrich Engels yang dijual seharga 1,67 juta yuan atau Rp3,6 miliar, dari harga awal 100.000 yuan atau Rp216 juta.

Naskah Engels adalah sebuah komentar yang ditulis untuk surat kabar Jerman Allgemeine Millitr Zeitung pada 1862, termasuk analisis perang yang fokus utamanya adalah pengepungan benteng musuh.

Menurut para ahli, naskah ini kemungkinan besar berbicara soal invasi Sevastopol oleh pasukan sekutu Anglo-Prancis selama Perang Krimea (1853-1856).

“Saya membaca buku-buku Marx ketika sekolah. Saya mencari versi asli Jerman dan Inggris untuk membantu studi saya, tapi sangat sulit memahami Das Kapital,” ujar kolektor dan pengusaha China yang menggelar kedua lelang tersebut, Feng Lung.

“Sebelumnya saya baru saja membaca versi dari karyanya. Saya akhirnya merasa bahwa saya sedang membaca sesuatu yang ditulis oleh Karl Marx,” jelas Feng.

Feng mengatakan, dia membeli kedua halaman tersebut dengan harga tinggi saat itu. Harganya konon kurang lebih setara dengan apartemen tiga kamar.

TAGS : Karl Marx Lelang China Unik

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34944/Catatan-Tangan-Karl-Marx-Komunis-Laku-Rp73-Miliar/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments