Take a fresh look at your lifestyle.

Cara Membersihkan Laptop, Ponsel, dan Tablet

0 11

Kita tidak pernah tahu bahwa gadget yang kita miliki adalah barang yang paling kotor yang kita miliki setelah uang. Oleh karena itu, untuk anda yang ingin mengetahui tips teknologi untuk membersihkan perangkat gadget ini, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan.
 

Pentingnya Membersihkan Gadget Anda

 

 
Membersihkan gadget merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, hal ini disebabkan karena gadget merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan kita. Jika gadget yang kita miliki kotor, maka hal ini bisa memberikan dampak yang buruk pada diri kita. Contohnya penggunaan smartphone yang kotor bisa menyebabkan kulit anda menjadi lebih berjerawat.

Selain membahayakan untuk kesehatan, gadget yang kotor dan tidak pernah dibersihkan juga bisa menyebabkan masalah tersendiri pada gadget tersebut. Contohnya ketika anda memiliki laptop dan tidak membersihkan laptop tersebut secara teratur, maka debu akan berkumpul di dalam laptop anda melalui bagian-bagian terbuka dan menyebabkan laptop anda memiliki hidup yang lebih pendek. Hal inilah yang menyebabkan gadget yang tidak pernah dibersihkan akan lebih mudah rusak.

Jadi selain untuk keamanan diri anda, membersihkan gadget juga sangat penting untuk menjaga gadget dapat bertahan lebih lama bukan? Lalu bagaimana caranya membersihkan gadget ini? Berikut ini adalah ulasannya.
 

Membersihkan Debu Pada Gadget 

 

Membersihkan Debu Pada Gadget 
Photo by Denny Ryanto on Unsplash
 
Gadget seperti laptop dan juga PC banyak memiliki lubang pada bodynya. Hal inilah yang menyebabkan debu lebih mudah masuk ke dalam gadget anda. Masuknya debu pada gadget yang anda miliki bisa menyebabkan gadget menjadi lebih mudah panas dan tentunya lebih mudah rusak. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka pastikan anda membersihkan debu di perangkat anda.

Untuk membersihkan debu ini, alat yang paling tepat digunakan adalah kompresor angin. Kompresor angin adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk menghasilkan angin dengan tekanan tinggi. Angin dengan tekanan tinggi nantinya bisa digunakan untuk membersihkan debu-debu yang ada di dalam laptop anda. Selain digunakan untuk membersihkan debu-debu yang ada di dalam gadget anda, kompresor angin juga bisa digunakan untuk membersihkan debu yang ada di bawah keyboard anda.
 

Bersihkan dengan Menggunakan Kain Microfiber 

 

Bersihkan dengan Menggunakan Kain Microfiber
Photo by Mel Poole on Unsplash
 
Salah satu cara membersihkan laptop ponsel dan tablet selanjutnya adalah membersihkan laptop anda dengan menggunakan kain microfiber. Kain microfiber merupakan alat yang bisa digunakan untuk membersihkan apapun dengan lebih bersih. Penggunaan kain microfiber dapat digunakan untuk membersihkan debu dan juga membersihkan minyak yang ada di permukaan gadget anda.

Selain itu, kain microfiber juga bisa digunakan untuk membersihkan bakteri yang hidup di gadget yang sering anda pegang. Gadget seperti laptop dan juga ponsel merupakan gadget yang paling sering anda sentuh. Ketika anda menyentuh gadget ini, maka anda melakukan transfer bakteri pada gadget tersebut. Dengan menggunakan kain microfiber ini gadget anda bisa dibersihkan dengan lebih baik.

Untuk membersihkan gadget anda dengan menggunakan kain microfiber ini anda bisa melakukannya dengan mencelupkan kain microfiber ke air hangat lalu menyekakan kain microfiber ini pada ponsel anda. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk membersihkan perangkat digital anda. Selain digunakan untuk membersihkan laptop dan juga gadget lainnya, anda juga bisa menggunakan teknik ini untuk membersihkan televisi dan juga perangkat elektronik anda yang anda miliki. Anda bisa melakukannya setiap malam untuk memastikan gadget anda bersih dan aman untuk digunakan.
 

Membersihkan Lubang di Perangkat Gadget Anda

 
Setiap perangkat elektronik pasti memiliki lubang. Lubang-lubang ini sangat sulit untuk diakses dengan menggunakan alat pembersih. Hal ini disebabkan karena lubang-lubang ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Ukuran lubang yang sangat kecil inilah yang membuatnya sulit untuk dibersihkan. Untuk membersihkan lubang-lubang ini anda bisa menggunakan q-tip, menggunakan tusuk gigi atau bisa juga menggunakan pembersih sedotan. Teknik ini digunakan jika anda tidak bisa membersihkan lubang ini dengan sebersih mungkin dengan menggunakan kompresor angin.

Ketika anda akan menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan lubang, pastikan anda tidak lupa membalut tusuk gigi dengan menggunakan tissue terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk memudahkan proses pembersihan. Selain itu, cara ini juga harus digunakan agar untuk menjaga body atau lubang perangkat anda tidak terluka saat dibersihkan dengan menggunakan alat tersebut.

Untuk membuat cara ini menjadi lebih menguntungkan, anda bisa menggunakan alkohol terlebih dahulu untuk membasahi q-tip atau tisu dengan tusuk gigi anda. Penggunaan alkohol ini digunakan untuk membasahi sehingga kotoran lebih mudah menempel pada alat pembersih anda. Selain itu, alkohol juga digunakan untuk membersihkan perangkat anda dari bakteri yang berkembang karena tidak pernah dibersihkan.
 

Membersihkan Laptop dengan Menggunakan Cuka Putih 

 

 
Ketika anda akan membersihkan bagian yang sensitif pada gadget anda seperti layar pada laptop anda, maka anda perlu membersihkan bagian tersebut dengan lebih berhati-hati bukan? Ketika layar anda kotor dan anda ingin membersihkannya, anda tidak ingin menekan layar anda secara berlebihan bukan? Hal ini disebabkan karena membersihkan laptop dengan menekannya secara berlebihan bisa menyebabkan poin pixel anda tersebut rusak dan mati.

Untuk menghindari hal ini, maka anda membutuhkan alat dan cairan pembersih yang kuat dan juga membutuhkan alat untuk membersihkan yang lebih baik. Salah satu alat dan cairan pembersih yang kami rekomendasikan adalah kain microfiber dan juga cuka putih.

Cuka putih merupakan salah satu cairan yang memang sangat banyak digunakan sebagai cairan pembersih. Cairan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan gadget anda. Untuk menggunakan cuka putih guna membersihkan gadget seperti layar laptop seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya , maka anda bisa menggunakan campur cuka putih dengan air biasa. Setelah itu anda bisa mencelupkan kain microfiber anda ke cairan tersebut dan menggunakannya untuk menyeka layar laptop anda. Hal ini akan membantu anda untuk membersihkan layar laptop anda dengan lebih mudah.

Akan tetapi sebelum anda akan membersihkan layar laptop anda dengan menggunakan cara ini, pastikan layar laptop anda dalam keadaan mati. Hal ini digunakan untuk membantu melihat bagian-bagian mana yang kotor sehingga lebih mudah untuk membersihkannya.
 

Membersihkan Lubang Kecil dengan Menggunakan Sikat Gigi

 
Untuk akan yang ingin membersihkan lubang-lubang di body laptop bisa menggunakan q-tip atau menggunakan tusuk gigi seperti yang disebutkan sebelumnya. Lalu bagaimana cara membersihkan lubang yang lebih kecil lagi seperti lubang speaker? Untuk anda yang ingin membersihkan lubang speaker ini salah satu alat yang bisa digunakan adalah sikat gigi.

Tips untuk membersihkan barang teknologi dengan menggunakan sikat gigi ini merupakan cara yang paling mudah dan paling cepat digunakan untuk membersihkan bagian yang memiliki lubang kecil yang sulit untuk dijangkau. Bagi anda yang ingin membersihkan bagian-bagian ini, maka pastikan anda mematikan perangkat anda terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk menghindari kerusakan pada perangkat teknologi anda.
 

Membersihkan Keyboard dengan Menggunakan Isolasi 

 
Selanjutnya, cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan keyboard dari debu adalah dengan menggunakan isolasi kertas. Isolasi kertas adalah sebuah perekat yang terbuat dari kertas. Perekat yang terbuat dari kertas ini bisa digunakan untuk membantu membersihkan keyboard anda dari debu dan kotoran yang tidak diinginkan.

Pembersihan yang dilakukan dengan menggunakan alat ini sangat cocok dilakukan jika keyboard di laptop anda memiliki sela-sela. Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menekan isolasi kertas di keyboard anda lalu mencabutnya. Dengan begitu kotoran-kotoran yang ada di keyboard anda bisa menempel di isolasi kertas tersebut.
 

Menggunakan Keyboard dengan Menggunakan Slime 

 
Selain menggunakan isolasi kertas, salah satu cara yang lain yang bisa digunakan untuk membersihkan keyboard di laptop anda adalah dengan menggunakan slime. Slime merupakan mainan anak-anak. Mainan ini memiliki bentuk yang lembek dan memiliki daya rekat yang tinggi. Meski memiliki daya rekat ia tidak mudah meninggalkan noda. Hal inilah yang menyebabkan slime menjadi sebuah alat yang tepat untuk membersihkan debu di keyboard dan di area sela-sela yang tidak terjangkau alat pembersih lainnya.
 

Kesalahan yang Banyak Dilakukan Saat Membersihkan Alat Elektronik 

 
Ketika anda akan membersihkan alat elektronik, selain memperhatikan hal apa saja yang bisa dilakukan juga pertikan mengenai hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat akan membersihkan alat elektronik anda. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan alat elektronik antara lain adalah :

  • Menyemprotkan Langsung Cairan Pembersih Pada Alat Elektronik

Salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan ketika membersihkan peralatan elektronik adalah menyemprotkan langsung cairan pembersih yang digunakan pada produk yang akan dibersihkan. Ketika anda menyemprotkan langsung cairan yang akan digunakan sebagai pembersih hal ini bisa menyebabkan perangkat anda rusak. Penyemprotan secara langsung bisa menyebabkan cairan tidak sengaja masuk ke dalam perangkat dan menyebabkan konslet.

Apapun gadget yang anda bersihkan, pastikan anda mencari alat berupa kain yang digunakan untuk menyeka perangkat elektronik anda. Setelah itu usapkan kain dan alat pembersih itu pada perangkat yang akan anda bersihkan.

  • Selalu Matikan Perangkat Sebelum Dibersihkan

Selanjutnya, hal lain yang perlu dilakukan sebelum anda membersihkan laptop anda adalah dengan mematikan perangkat yang akan anda bersihkan sebelum proses pembersihan dilakukan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena banyak alasan. Salah satunya adalah untuk alasan keamanan dari gadget anda.

Salah satu hal yang paling ditakutkan ketika sedang membersihkan alat elektronik adalah mengenai cairan yang akan digunakan. Pastikan cairan yang akan anda gunakan adalah cairan yang direkomendasikan untuk membersihkan alat komputer. Selain itu, pastikan juga anda membersihkan dengan cara kering. Jika sudah terlanjur menggunakan cara basah dan ada cairan yang masuk ke dalam gadget anda, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memasukkan gadget anda di beras kering. Memasukkan gadget yang basah ke dalam beras kering dapat menyerap cairan yang masuk ke dalam gadget dan membuat gadget bisa digunakan lagi tanpa takut terjadi korsleting.

Nah cukup lengkap bukan informasi teknologi yang kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda ya!
 
 

Bagaimana cara membersihkan dengan menggunakan kain microfiber?

Membersihkan laptop anda dengan menggunakan kain microfiber. Kain microfiber merupakan alat yang bisa digunakan untuk membersihkan apapun dengan lebih bersih. Penggunaan kain microfiber dapat digunakan untuk membersihkan debu dan juga membersihkan minyak yang ada di permukaan gadget anda. Selain itu, kain microfiber juga bisa digunakan untuk membersihkan bakteri yang hidup di gadget yang sering anda pegang. Gadget seperti laptop dan juga ponsel merupakan gadget yang paling sering anda sentuh. Ketika anda menyentuh gadget ini, maka anda melakukan transfer bakteri pada gadget tersebut. Dengan menggunakan kain microfiber ini gadget anda bisa dibersihkan dengan lebih baik. Untuk membersihkan gadget anda dengan menggunakan kain microfiber ini anda bisa melakukannya dengan mencelupkan kain microfiber ke air hangat lalu menyekakan kain microfiber ini pada ponsel anda. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk membersihkan perangkat digital anda. Selain digunakan untuk membersihkan laptop dan juga gadget lainnya, anda juga bisa menggunakan teknik ini untuk membersihkan televisi dan juga perangkat elektronik anda yang anda miliki. Anda bisa melakukannya setiap malam untuk memastikan gadget anda bersih dan aman untuk digunakan.

Bagaimana cara membersihkan laptop dengan menggunakan cuka putih?

Ketika anda akan membersihkan bagian yang sensitif pada gadget anda seperti layar pada laptop anda, maka anda perlu membersihkan bagian tersebut dengan lebih berhati-hati bukan? Ketika layar anda kotor dan anda ingin membersihkannya, anda tidak ingin menekan layar anda secara berlebihan bukan? Hal ini disebabkan karena membersihkan laptop dengan menekannya secara berlebihan bisa menyebabkan poin pixel anda tersebut rusak dan mati. Untuk menghindari hal ini, maka anda membutuhkan alat dan cairan pembersih yang kuat dan juga membutuhkan alat untuk membersihkan yang lebih baik. Salah satu alat dan cairan pembersih yang kami rekomendasikan adalah kain microfiber dan juga cuka putih. Cuka putih merupakan salah satu cairan yang memang sangat banyak digunakan sebagai cairan pembersih. Cairan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan gadget anda. Untuk menggunakan cuka putih guna membersihkan gadget seperti layar laptop seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya , maka anda bisa menggunakan campur cuka putih dengan air biasa. Setelah itu anda bisa mencelupkan kain microfiber anda ke cairan tersebut dan menggunakannya untuk menyeka layar laptop anda. Hal ini akan membantu anda untuk membersihkan layar laptop anda dengan lebih mudah. Akan tetapi sebelum anda akan membersihkan layar laptop anda dengan menggunakan cara ini, pastikan layar laptop anda dalam keadaan mati. Hal ini digunakan untuk membantu melihat bagian-bagian mana yang kotor sehingga lebih mudah untuk membersihkannya.

Bagaimana cara membersihkan lubang kecil dengan menggunakan sikat gigi?

Untuk akan yang ingin membersihkan lubang-lubang di body laptop bisa menggunakan q-tip atau menggunakan tusuk gigi seperti yang disebutkan sebelumnya. Lalu bagaimana cara membersihkan lubang yang lebih kecil lagi seperti lubang speaker? Untuk anda yang ingin membersihkan lubang speaker ini salah satu alat yang bisa digunakan adalah sikat gigi. Tips untuk membersihkan barang teknologi dengan menggunakan sikat gigi ini merupakan cara yang paling mudah dan paling cepat digunakan untuk membersihkan bagian yang memiliki lubang kecil yang sulit untuk dijangkau. Bagi anda yang ingin membersihkan bagian-bagian ini, maka pastikan anda mematikan perangkat anda terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk menghindari kerusakan pada perangkat teknologi anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of