Take a fresh look at your lifestyle.

Cara KemenPAN-RB Meningkatkan Pelayanan Publik

0 2
Cara KemenPAN-RB Meningkatkan Pelayanan Publik

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN dan RB, Prof.Dr.Diah Natalisa, MBA. (Foto : Doknet)

Jakarta- Dalam rangka terus melakukan peningkatan pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menggelar ajang The International Public Service (IPS) Forum 2018.

Ajang yang akan digelar pada 7-8 November 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) ini akan menghadirkan Forum Internasional, Pameran Pelayanan Publik, Penghargaan 40 Top Tokoh Inovasi Pelayanan Publik dan Sharing Praktek Pelayanan Publik.



“The International Public Service Forum 2018 ini akan menghadirkan para inovator pelayanan publik, pembicara dari dalam dan luar negeri untuk berinteraksi dan bersinergi bersama kita menyatukan visi demi kehidupan bangsa yang sejahtera dan mandiri,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Prof.Dr.Diah Natalisa, MBA di Jakarta, Rabu (17/10).

Dikatakan Diah, ajang ini juga merupakan sebuah sinergi guna mendukung program KemenPAN-RB yang mulai 2019 akan mengedepankan transfer pengetahuan atau replikasi inovasi pelayanan publik yang juga bagian dari RPJMN 2020-2024.

Cara KemenPAN-RB Meningkatkan Pelayanan Publik

“Tema besar yang diangkat dalam forum ini adalah `Expanding and Improving Service Delivery Through Collaborative Action`. Untuk mewujudkan pelayanan yang optimal, pemerintah harus melibatkan aktor lain, yakni institusi kelembagaan, masyarakat, swasta, dan aktor-aktor strategis lainnya,” ujar Diah.

Bagi masyarakat, pameran ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang perkembangan pelayanan publik yang dapat mendorong partisipasi aktif terhadap proses perbaikan pemberian layanan.

“Pameran ini juga akan menghadirkan unit-unit penyelenggara pelayanan langsung yang memungkinkan masyarakat menggunakan pelayanannya di lokasi, seperti perpanjangan SIM, STNK, pengurusan HAKI, dan lain-lain,” jelas Guru Besar Universitas Sriwijaya ini.

Cara KemenPAN-RB Meningkatkan Pelayanan Publik

Sedangkan seminar internasional, akan diisi oleh inovator dari Jepang, Tiongkok, Singapura, dan Korea Selatan, dengan subtema modernisasi pelayanan publik, akselerasi perbaikan pelayanan di daerah pelosok, kolaborasi antar lembaga dan negara, dan lain sebagainya.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo hadir dalam acara ini untuk memberikan penghargaan kepada Top 40 Tokoh Inovasi Pelayanan Publik 2018.

“Kami mengajak masyarakat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya agar menjadi inspirasi dan motivasi dalam membagikan pengalaman berharga dari upaya-upaya inovatif yang telah dilakukan,” pungkas Diah.

TAGS : Diah Joko Widodo

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42433/Cara-KemenPAN-RB-Meningkatkan-Pelayanan-Publik/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments