Take a fresh look at your lifestyle.

Cak Imin: Jangan Sekali-kali Melupakan Jasa Ulama

0 6
Cak Imin: Jangan Sekali-kali Melupakan Jasa Ulama

Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar (Foto: MPR)

Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, ajaran ulama nusantara memperkuat nasionalisme dan cinta terhadap tanah air.

Menurutnya, peran ulama sangat penting dalam menjaga keutuhan Indonesia. Dimana, tradisi dan ajaran yang diwariskan ulama terbukti menjadi kekuatan nasional serta menguatkan semangat kebhinekaan Indonesia.

Hal itu disampaikan Cak Imin dalam Seminar Nasional bertajuk “Maha Guru Ulama Nusantara: Zona Nusa Tenggara Barat” yang diselenggarakan Islam Nusantara Center (INC) di Masjid Istqlal, Jakarta Pusat. Cak Imin mengingatkan agar generasi milenial terus menghargai jasa para ulama.

“Tradisi Islam tersebut telah menjadi salah satu pembentuk dan penopang jati diri bangsa saat ini. Jangan sekali-kali melupakan jasa ulama. Karena itu, seminar yang digelar INC ini sangat penting, jadi generasi milenial bisa berkaca dan belajar pada ajaran ulama Nusantara yang genuine dan unik,” kata Cak Imin.

Tokoh yang ditunjuk sebagai panglima santri ini mengatakan, tradisi keislaman yang telah dibangun oleh para ulama Nusantara telah memberikan banyak pelajaran dan local wisdom yang lebih mengutamakan keharmonisan sosial dan kemaslahatan umat. Bahkan, ajaran itu telah diberikan sejak zaman penjajahan dulu.

Puncak dari wujud ajaran itu, kata Cak Imin, adalah saat dicetuskannya resolusi jihad oleh KH Haysim Asy’ari yang dibacakan oleh Bung Tomo di RRI. Resolusi jihad ini yang kemudian memberi spirit para santri dan masyarakat untuk ikut berjihad melawan penjajah.

Seminar tersebut juga dihadiri beberapa tokoh, di antaranya Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsudin dan Sultan Sumbawa M Kaharuddin IV.

TAGS : Ketum PKB Muhaimin Iskandar Cak Imin

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25286/Cak-Imin-Jangan-Sekali-kali-Melupakan-Jasa-Ulama/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments