Take a fresh look at your lifestyle.

Cak Imin Ingatkan Rakyat Indonesia Lewat Syair Ranggawarsita

0 5
Cak Imin Ingatkan Rakyat Indonesia Lewat Syair Ranggawarsita

Wakil Ketua MPR Abdul Muhaimin Iskandar di makam Ranggawarsita

Klaten – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Abdul Muhaimin Iskandar mengunjungi makam Ranggawarsita, pada Selasa (24/4) di Klaten, Jawa Tengah.

Di tempat peristirahatan terakhir pujangga legendaris Tanah Jawa abad ke-18 tersebut, Muhaimin alias Cak Imin mengingatkan supaya rakyat Indonesia senantiasa menyatukan pandangan, dalam rangka meneguhkan tenuh kebangsaan.

Sebaliknya, Cak Imin mengimbau jangan hanya karena kompetisi dan perebutan kekuasaan, anak bangsa terpecah-belah.

“Kalian pernah dengar gak sebuah kalimat yang cukup populer? Hari ini adalah zaman gila. Siapa yang gila, tidak akan kebagian. Zaman iki wes zaman edan. Sing ora edan ora bakal kumanan,” kata Cak Imin menirukan syair milik Ranggawarsita yang terkenal.

Menurut Cak Imin, Ranggawarsita yang pandai meramal sudah memprediksi lewat syairnya, bahwa kelak setiap orang akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Kendati cara tersebut merugikan orang lain, dan membahayakan keutuhan berbangsa.

“Kita mestinya diingatkan untuk tidak melakukan segala hal dengan berbagai cara untuk mencapai tujuan, sehingga menjadi orang yang benar-benar gila,” ujar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Satu-satunya hal yang harus diupayakan, kata Cak Imin, yakni apa yang disebut oleh Jayabaya, ‘Notonegoro’. Notonegoro atau menata negara merupakan sikap mental untuk membangun negara bersama-sama, di segala aspek kehidupan.

“Tidak ada jalan lain selain kita semua satu tujuan untuk semua segmen kehidupan. Untuk nata negara. Notonegoro,” ujarnya.

Ranggawarsita lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 15 Maret 1802. Semasa hidupnya, Ranggawarsita dikenal sebagai pujangga ulung yang melahirkan banyak karya sastra, dan sekaligus pujangga besar terakhir yang hidup di Tanah Jawa. Setelah hidup selama 71 tahun, Ranggawarsita tutup usia pada 24 Desember 1873.

TAGS : Cak Imin MPR Ranggawarsita Sastra

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33126/Cak-Imin-Ingatkan-Rakyat-Indonesia-Lewat-Syair-Ranggawarsita/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments