Take a fresh look at your lifestyle.

Bikhu Dutavira Mahastavira: Terimakasih Atas Inisiatif Cak Imin

0 5
Bikhu Dutavira Mahastavira: Terimakasih Atas Inisiatif Cak Imin

cak Imin bersama Bikhu Dutavira Mahastavira

Jakarta – Sambutan hangat menyambut kedatangan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (cak Imin) saat aksi solidaritas “Rohingya adalah Kita” di gelar di Wihara Dharma Bakti di Grogol, Jakarta Barat, Minggu (3/9/2017). Kedatangan cak Imin bersama kiai dan sejumlah pengurus teras DPP PKB diterima langsung para bhiksu yang dipimpin Bikhu Dutavira Mahastavira.

Bikhu Dutavira Mahastavira menyampaikan terimakasih atas inisiatif cak Imin bersama para pemuka agama gelar aksi solidaritas untuk krisis kemanusiaan Rohingya di tempat ibadah yang dipimpinnya.

“Terimakasih atas inisiatif luarbiasa dari cak Imin serta kawan-kawan semua. Sehingga seruan moral ini sebagai rasa kemanusiaan tadi kita dengar, terwujud hari ini,” ujar suhu biksu yang biasa dipanggil romo Benny tersebut di Wihara Dharma Bakti, Grogol, Jakarta Barat, Minggu (3/9/2017).

Romo Benny menyampaikan pihaknya mendukung berbagai aksi keprihatinan untuk warga Muslim Rohingya. Ia berharap masalah di Rohingya dapat segera diselesaikan.

Kendati dirinya pemimpin agama Budha di Jakarta, Romo Benny mengaku prihatin dengan keterlibatan munculnya benturan kemanusiaan dengan keterlibatan para pemeluk agama yang sama dengan dirinya.

Romo Benny menyatakan sejatinya seorang bhiksu dilarang melakukan aksi kekerasan apapun.

“Disini ingin saya sampaikan, secara kebhikuan ada seorang bikhu ikut campur urusan yang seperti begini. Pembunuhan, pengusiran, itu kebhikuannya otomatis gugur. Yang dalam ayat disebut garuka karma,” ungkapnya.

Ia menegaskan para pemeluk agama Budha di Indonesia berbeda dengan budhis di Myanmar yang terlibat dalam aksi kekerasan bagi warga muslim Rohingya. Menurutnya, pihaknya dengan pemeluk budha di Myanmar hanya memiliki persamaan dalam hal ajaran keagamaan.

Tetapi, imbuhnya, berbeda secara aliran kelompok keagamaannya.

“Perlu dikasih info disini. Mazhab kita yang ada di Indonesia nggak ada hubungannya dengan mazhab yang ada di myanmar. Walaupun secara mazhab tidak sama, secara akidah kebiksuannya sama,” jelasnya.

TAGS : Bikhu Dutavira Mahastavira Rohingya

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21184/Bikhu-Dutavira-Mahastavira-Terimakasih-Atas-Inisiatif-Cak-Imin/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments