Take a fresh look at your lifestyle.

Begini Penghormatan Terakhir Warga Afsel untuk Winnie Madikizela

0 5
Begini Penghormatan Terakhir Warga Afsel untuk Winnie Madikizela

Mantan istri Nelson Mandela (foto: UPi)

Jakarta – Pemakaman meriah sedang direncanakan di Afrika Selatan untuk menghormati kematian Winnie Madikizela-Mandela, mantan istri ikon hak sipil Nelson Mandela.

Madikizela-Mandela meninggal di usia 81 tahun pada Senin (02/04) di Rumah Sakit Milpark di Johannesburg, tempat dia dirawat karena infeksi ginjal.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, yang berbicara di luar rumah Madikizela-Mandela, membenarkan peringatan resmi ditetapkan untuk 11 April dan pemakaman resmi nasional akan diadakan 14 April.

“Akan ada banyak peringatan lain di seluruh negeri, di hampir setiap provinsi, “kata Ramaphosa dilansir UPI.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kami kepada banyak orang di seluruh negeri,” lanjutnya.

Mantan istri Nelson Mandela menjadi ikon perjuangan apartheid (sistme pemisahan ras, Red) di Afrika Selatan, dan kemudian menjadi wanita pertama setelah suaminya terpilih sebagai pemimpin setelah dibebaskan dari penjara.

Madikizela-Mandela kemudian terpilih menjadi anggota parlemen Afrika Selatan dan berkampanye untuk pembebasan mantan suaminya ketika dia dipenjarakan atas tuduhan makar. Dia juga dibuang dan dipenjarakan di sel isolasi selama 18 bulan.

Namun hubungan pernikahannya dengan Nelson Mandela harus kandas pada tahun 1996 silam.

“Dalam beberapa hari mendatang, ketika kita berdukacita atas meninggalnya pahlawan perjuangan kita ini, marilah kita merenungkan kehidupannya yang luar biasa, dan bermakna,” kata Ramaphosa.

“Mari kita ambil inspirasi dari perjuangan yang dia perjuangkan dan impian masyarakat yang lebih baik yang dia dedikasikan untuk hidupnya.”

TAGS : Afrika Selatan Winnie Medikizela

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/31734/Begini-Penghormatan-Terakhir-Warga-Afsel–untuk-Winnie-Madikizela/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments