Take a fresh look at your lifestyle.

Bedah Kasus Weinstein, Dua Media AS Raih Pulitzer

0 5
Bedah Kasus Weinstein, Dua Media AS Raih Pulitzer

Produser Hollywood, Harvey Weinstein

Washington – Dua media Amerika Serikat (AS), The New York Times dan Majalah New Yorker meraih penghargaan ‘Pulitzer’, setelah membongkar adanya tindak pelecehan seksual di tubuh Hollywood.

Laporan-laporan itu berhasil menyeret sejumlah nama, di antaranya produser ternama Harvey Weinstein, yang dituding melakukan pelecehan seksual dan pemerkosaan kepada artis-artis yang berada di bawah naungannya.

Investigasi kedua media itu juga memicu gerakan #MeeToo, yakni sebuah penolakan terhadap pelecehan seksual di berbagai industri.

“Tim New York Times yang dipimpin oleh Jodi Kantor, dan The New Yorker di bawah Ronan Farrow telah menghasilkan jurnalisme eksplosif dan berdampak, yang mengekspos pemangsa seksual yang kaya dan kuat,” kata Administrator Pulitzer, Dana Canedy dilansir dari BBC.

Pulitzer merupakan penghargaan paling bergengsi dalam jurnalisme Amerika Serikat. Penghargaan ini sudah diberikan sejak 1917 silam, dan sudah mengumpulkan setidaknya 2.400 entri yang terbagi dalam berbagai kategori, yakni pelayanan publik, berita dan komentar, kartun, dan fotografi.

Selain The New York Times dan Majalah New Yorker, penghargaan yang sama juga diraih Reuters yang menang dalam kategori peliputan internasional soal perang Presien Filipina Rodrigo Duterte terhadap narkoba.

Sementara Foto Reuters menang untuk peliputan krisis Rohingya, yang memperlihatkan ribuan orang bereksodis dari Myanmar ke Bangladesh.

TAGS : Pulitzer Jurnalistik New York Times

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/32578/Bedah-Kasus-Weinstein-Dua-Media-AS–Raih-Pulitzer/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments