Take a fresh look at your lifestyle.

Bashar al-Ja`afari Kecam Agresi Turki terhadap Suriah

0 7
Bashar al-Ja`afari Kecam Agresi Turki terhadap Suriah

New York, Jurnas.com – Duta Besar Suriah untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Bashar al-Ja`afari mengatakan, Turki menggunakan pos-pos pengamatan yang didirikannya di barat laut negara Arab untuk meningkatkan dukungan bagi para teroris.

Dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB pada Jumat (28/2), Bashar al-Ja`afari mengutuk agresi Turki terhadap Suriah, dan mendesak badan dunia untuk mengakhiri petualangan Ankara.

Turki memiliki 12 pos pengamatan di Provinsi Idlib Suriah, yang dibangun sebagai bagian dari perjanjian dengan Rusia untuk mengurangi situasi di dekat perbatasan Turki. Namun beberapa pos sekarang berada di wilayah yang direbut kembali dalam upaya bersama Rusia-Suriah.

Ankara, yang dengan sendirinya mendukung sejumlah pakaian militan anti-Damaskus di Idlib, mengklaim bahwa serangan-serangan Suriah di sana sudah menewaskan puluhan pasukannya.

Ia mengancam akan menyerang militer Suriah kecuali pasukan pemerintah meninggalkan daerah-daerah yang dibebaskan, dan meminta Moskow untuk menghentikan Damaskus.

Sementara itu, Turki telah mengirim ribuan tentara dan perangkat keras militer yang berat ke Idlib dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mendukung militan.

Damaskus, bagaimanapun, berjanji untuk membebaskan seluruh Suriah, termasuk Idlib, yang berisi konsentrasi teroris Takfiri terbesar yang tersisa di negara Arab.

Duta Besar Rusia, Vasily Nebenzya, mencatat, pasukan sudah terbunuh di luar pos pengamatan yang ditentukan. Menurutnya, pasukan Turki berbagi koordinat dengan Rusia, yang kemudian diberikan kepada pasukan pemerintah Suriah, untuk menghindari konflik di darat.

Nebenzya juga menekankan bahwa tentara Suriah memiliki hak untuk memerangi teroris di mana pun di negara itu, dan menyesalkan bahwa teroris di Suriah dipersenjatai dengan peralatan militer terbaru buatan Barat.

“Menanggapi pelanggaran rezim gencatan senjata yang sedang berlangsung di zona Idlib, tentara Suriah tentu memiliki hak untuk menanggapi dan menekan teroris,” katanya.

“Kami tidak bisa melarang tentara Suriah untuk memenuhi persyaratan, yang ditetapkan oleh resolusi Dewan Keamanan PBB tentang perang tanpa syarat melawan terorisme dalam semua bentuknya, terutama di wilayahnya – wilayah Suriah yang berdaulat,” tambah Nebenzya.

Duta Besar AS, Kelly Craft, meminta Rusia untuk segera mendaratkan pesawat tempurnya dan menuntut agar semua pasukan Suriah dan pendukung Rusia mereka untuk mundur.

Moskow mulai memberikan dukungan udara pada upaya kontra-terorisme Suriah pada September 2016, lima tahun setelah negara Arab itu menjadi korban kekerasan yang didukung asing. Angkatan udara, di samping dukungan penasihat militer yang ditawarkan Iran, membantu Suriah mengubah daftar teroris.

Pada 20 Februari, Bloomberg mengutip seorang pejabat senior Turki yang mengatakan, Ankara meminta Washington untuk mengerahkan dua baterai rudal Patriot di perbatasan selatannya untuk digunakan melawan tentara Suriah yang didukung Rusia.

TAGS : Bashar al-Ja`afari Pasukan Turki Timur Tengah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68204/Bashar-al-Jaafari-Kecam-Agresi-Turki-terhadap-Suriah/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments