Take a fresh look at your lifestyle.

Bamsoet Akui DPR Kerap `Diserang` Publik karena KPK

0 4
Bamsoet Akui DPR Kerap `Diserang` Publik karena KPK

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo tak membantah  bahwa lembaga yang diketuainya  kerap `diserang` oleh publik. `Serangan` itu muncul ketika parlemen berselisih dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hubungan DPR dengan KPK sempat tak harmonis ketika ‎`Senayan` memutuskan untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket DPR untuk KPK. Pembentukan Pansus itu sendiri dipicu oleh sikap KPK yang bersikukuh tak ingin membuka rekaman hasil pemeriksaan milik terdakwa Miryam S Haryani di hadapan Komisi III DPR RI.

“Jadi memang waktu saya tidak banyak untuk memperbaiki DPR, meningkatkan citra dan kepercayaan publik, masyarakat terhadap DPR, salah satunya menyebabkan DPR selalu diserang oleh publik adalah hubungan yang buruk dengan KPK,” kata Bambang Soesatyo di gedung KPK, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Ketegangan itu pun berangsur membaik dengan mempercepat penyelesaian hak angket KPK. Upaya itu dilakukan demi memperbaiki hubungan antara DPR dengan lembaga antikorupsi.

“Makanya langkah pertama ketika saya dilantik (jadi Ketua DPR RI) adalah memperbaiki hubungan dengan KPK dengan mempercepat penyelesaian hak angket KPK yang syukur Alhamdulilah soft landing dan memberikan masukan yang baik kepada KPK,” tutur Bambsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

Bamsoet berharap hubungan baik KPK dan DPR untuk kedepannya dapat terus terjalin demi pemberantasan korupsi di negeri ini. Tak hanya DPR, hubungan pemerintah maupun lembaga penegak hukum lain harus tercipta dengan baik. Apalagi dalam upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan bersama.‎

“Jadi kita sama-sama menyadari bahwa kita harus bergandengan tangan untuk menuju Indonesia bebas korupsi,” ujar Bamsoet.

Bamsoet sendiri hadir di markas lembaga antikorupsi dalam acaradengan tajuk ‘KPK Mendengar’. Pe‎rtemuan itu sendiri diawali dengan pelaporan kegiatan KPK di tahun 2017 lalu. ‎Selain Bamsoet, turut hadir Kabreskrim Komjen Ari Dono, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

“Kami DPR memberikan apresiasi yang luar biasa ke KPK yang telah memulai menyampaikan laporan secara terbuka melalui pertemuan publik. KPK menggelar, KPK Mendengar,” imbuh dia.

Dikatakan Bamsoet, dirinya memberikan banyak masukan kepada KPK dalam pertemuan ini. Politikus Partai Golkar ini berharap agar KPK bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerja pemberantasan korupsi.

“Saya menberikan masukan, komisi III juga memberikan masukan. Kinerja KPK sudah membaik, tapi kita harap lebih baik lagi ke depannya,” kata Bamsoet.‎

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rajardjo tak membantah jika pihaknya menerima banyak masukan dari para petinggi lembaga negara. Pun termasuk salah satu Bamsoet.

“Hari ini kita melaunching laporan tahunan KPK. Kami undang semua stakeholder, baik dari legislatif, yudikatif maupun eksekutif. Tujuan kita adalah untuk komunikasi dan silaturahim demi memperkuat itu. Oleh karena itu tadi kami lebih banyak mendengar,” ucap Agus.

TAGS : DPR Bambang Soesatyo Bamsoet

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/30431/Bamsoet-Akui-DPR-Kerap-Diserang-Publik-karena-KPK/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments