"Bakal Orang Terkaya di Dunia" Ini, Tipu Tamunya di Acara Amal

"Bakal Orang Terkaya di Dunia" Ini, Tipu Tamunya di Acara Amal

Tamu undangan yang rela mencat rambutnya kuning (Foto: Koreaboo)

Malaysia – Acara amal dan makan malan yang dihelat oleh seseorang yang mengklaim dirinya sebagai calon orang terkaya di dunia, berhasil menarik lebih dari 1000 tamu undangan yang rela mencat kuning rambutnya, agar dapat menghadiri acara tersebut.

Pada 25 Mei lalu, seseorang yang bernama Zhang Jian, menggelar acara makan malam di Malaysia. Dia menarik orang-orang untuk mengikuti acara yang dihelatnya itu dengan memasang poster iklan di berbagai tempat.

Tak ayal orang-orang yang berlalu lalang dan melihat iklan tersebut, tertarik dengan undangan yang ditawarkan Zhang.

Siapapun yang ingin menghadiri diharuskan membayar $47 setara Rp624 ribu, tidak hanya itu tamu yang hadir wajib mengikuti ketentuan yang berlaku. Bagi tamu pria, mereka wajib mewarnai rambutnya kuning, dan untuk tamu wanita, mereka harus menggunduli rambutnya.

Dengan iming-iming memperoleh hadiah sebesar $200 sekitar Rp2,6 juta, 1000 orang pun menghadiri acara tersebut dengan rambut berwarna kuning cerah, sementara banyak wanita yang datang dengan kepala plontos.

Tidak hanya itu, banyak wanita yang datang, memiliki tato wajah Zang di punggung mereka.

"Bakal Orang Terkaya di Dunia" Ini, Tipu Tamunya di Acara Amal

Terlepas dari semua dedikasi para tamu yang datang, orang-orang tidak dapat menemukan keberadaan si empunya acara. Tidak berapa lama tamu-tamu itu menyadari bahwa dirinya telah ditipu.

Zhang Jian yang nama aslinya ternyata adalah Song Miqiu, ternyata hanya seorang seniman. Ia memulai aktivitas ilegalnya pada November 2012, setelah membuka perusahaannya, Yun Shu Mao. Ia berkeliling Asia dan berhasil mengumpulkan uang lebih dari $142 juta setara Rp1,8 triliun dalam 2 tahun.

Sebelumnya ia sempat ditangkap di Thailand dan dipenjara selama 3 tahun di China. Setelah bebas, Zhang kembali melakukan aksinya di Malaysia. Meski sempat melarikan diri ke Indonesia, penipu ini akhirnya berhasil ditangkap, dan dikirimkan ke China untuk diproses secara hukum.

Sayangnya mereka yang menghadiri acara makan malam dan amal itu tidak akan memperoleh uang mereka kembali, dan mereka juga tidak akan memenangkan hadiah apapun.

TAGS : Internasional Malaysia China Penipuan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/17417/Bakal-Orang-Terkaya-di-Dunia-Ini-Tipu-Tamunya-di-Acara-Amal-/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz