Take a fresh look at your lifestyle.

Bagi Korut, Miliki Senjata Nuklir Soal Hidup dan Mati

0 6
Bagi Korut, Miliki Senjata Nuklir Soal Hidup dan Mati

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un menyaksikan peluncuran rudal balistiknya (Foto: Reuters)

Moskow – Seorang diplomat senior Korea Utara mengatakan Pyongyang tidak akan melakukan pembicaraan apapun dengan Washington terkait  program nuklirnya. Ia mengatakan, memiliki senjata nuklir adalah harga mati  bagi Korea Utara.

Choe Son-hui, direktur jenderal departemen luar negeri Korea Utara, mengatakan dalam konferensi non-proliferasi di Moskow, Washington harus menyerah dengan status nuklir Korea Utara, menurut laporan RIA.

“Ini adalah masalah hidup dan mati bagi kita. Situasi saat ini memperdalam pemahaman kita, bahwa kita membutuhkan senjata nuklir untuk mengusir serangan dari musuh,” jelasnya

“Kami akan merespon api dengan api,” tegasnya, dilansir Reuters, Sabtu (21/10)

Pyongyang menganggap upaya menekan negaranya melalui saksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa bangasa sebagai pengumumkan perang.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, yang berbicara pada konferensi yang sama pada Jumat, mendesak kekuatan dunia bergabung di belakang  Rusia-China bersama untuk menyelesaikan krisis mengenai program senjata Korea Utara.

“Kami yakin upaya ini akan mendorong berkurangnya aktivitas militer dan ketegangan di semenanjung Korea dan pembentukan di Northeastern Asia dengan sistem keamanan yang sama dan tak terpisahkan,” katanya.

Rencana tersebut mengusulkan sebuah moratorium uji rudal dan nuklir Korea Utara, sementara Korea Selatan dan Amerika Serikat menunda latihan militer.

“Tugas utama pada tahap ini adalah mencegah konflik militer yang mengarah pada bencana kemanusiaan, ekonomi dan ekologi berskala besar. Semua pihak yang terlibat harus menahan diri,” kata Lavrov.

Untuk diketahui, keteganga di semenanjung menyusul serangkaian uji coba rudal Korea Utara dan perang kata-kata yang mengejutkan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Trump, dalam pidato bulan lalu di Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengancam untuk menghancurkan secara total Korea Utara jika diperlukan untuk membela diri dan sekutu-sekutunya. Ia juga menyebut pemimpin Korut sebagai manusia roket dalam sebuah misi bunuh diri.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Rudal China

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23534/Bagi-Korut-Miliki-Senjata-Nuklir-Soal-Hidup-dan-Mati-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments