Take a fresh look at your lifestyle.

Badan Atom Kembali Tegaskan Iran Patuhi Kesepakatan Nuklir

0 6
Badan Atom Kembali Tegaskan Iran Patuhi Kesepakatan Nuklir

Direktur Badan Energi Atom Internasional, Yukio Amano (Foto: Mohammadreza Abbasi)

Tehran – Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional, Yukio Amano kembali menegaskan bahwa Iran mematuhi komitmennya di bawah kesepakatan nuklir 2015, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA).

“Kami terus memverifikasi dan memantau Iran terkait komitmen nuklirnya di bawah JCPOA. Iran menerapkan komitmennya, dan sepenuhnya melaksanakan aturan di bawah pakta tersebut,” katanya dalam pernyataannya kepada Sesi Umum ke-73 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).



Di bawah perjanjian nuklir 2015, Iran berkewajiban untuk membatasi kegiatan nuklirnya, dengan imbalan bebas dari sanksi ekonomi dan keuangan, namun, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara resmi menarik Washington dari kesepakatan nuklir pada Mei dan kemudian memulihkan sanksi secara sepihak di Iran.

Putaran pertama sanksi mulai diberlakukan pada 6 Agustus lalu. Sementara putaran sanksi kedua, yang menargetkan ekspor minyak Iran dan bank, mulai berlaku pada 4 November bulan ini.

Sekedar diketahui sudah lebih dari 10 kali IAEA mengkonfirmasikan bahwa Iran mematuhi ketentuan perjanjian nuklir yang disahkan oleh resolusi Dewan Keamanan PBB.

TAGS : Kesepakatan Nuklir Amerika Serikat Badan Atom Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43712/Badan-Atom-Kembali-Tegaskan-Iran-Patuhi-Kesepakatan-Nuklir/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments