Take a fresh look at your lifestyle.

Badai Tropis Mendekat, Vietnam Evakuasi Jutaan Warga

0 5
Badai Tropis Mendekat, Vietnam Evakuasi Jutaan Warga

Warga Vietnam (UPI.com)

Jakarta – Lebih dari satu juta orang dievakuasi di Vietnam selatan pada Senin (25/12) lantaran angin topan serta badai tropis, yang melanda Filipina akhir pekan lalu, mendekat.

Warga dari 15 provinsi dan kota dipindahkan ke tempat yang aman untuk mengantisipasi topan tersebut, yang telah menyebabkan setidaknya 230 kematian saat melewati Filipina akhir pekan lalu.  Selain korban tewas, badai tropis juga membuat 100 warga Filipina hilang dan 75.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Pemerintah Vietnam juga menutup rig minyak di Laut Cina Selatan dan memerintahkan nelayan untuk tinggal di pelabuhan. Badai juga mengganggu panen padi dan panen udang.

Dilansir UPI, puluhan penerbangan yang berangkat dan tiba di bandara di Ho Chi Minh City, Phu Quoc dan Can Tho dibatalkan.

Pusat Prakiraan Hidrometeorologis negara tersebut mengatakan bahwa pusat badai berada 200 mil di lepas pantai Con Dao dan bergerak ke barat. Hujan ringan jatuh di sepanjang pantai Vietnam.

Topan yang terjadi di Filipina mencapai angin kencang 74 mph dengan hembusan udara hingga 90 mph saat ia bergerak dari Mindanao ke pulau-pulau Filipina lainnya, menurut Administrasi Pelayanan Astronomi Geofisika Atmosfer Ghana.

TAGS : Angin Topan Vietnam Bencana Alam

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26887/Badai-Tropis-Mendekat-Vietnam-Evakuasi-Jutaan-Warga/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments