Take a fresh look at your lifestyle.

Austria Desak Uni Eropa Hentikan Ekspor Senjata ke Saudi

0 7
Austria Desak Uni Eropa Hentikan Ekspor Senjata ke Saudi

Peta Arab Saudi (Foto: Al jazeera)

Berlin – Menteri Luar Negeri Austria Karin Kneissl mendesak Uni Eropa segera menghentikan ekspor senjata ke Arab Saudi, menyusul kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, dan keterlibatan Saudi dalam perang sipil di Yaman.

Komentar dari Austria muncul setelah Jerman mengatakan akan menyetop ekspor senjata ke Saudi, hingga kematian Khashoggi di Konsulat Istanbul terungkap jelas. Kanselir Angela Merkel juga membahas cara menangani penjualan yang telah disetujui.



“Penyetopan ekspor senjata yang diusulkan oleh Kanselir Merkel akan menjadi sinyal yang benar. Austria telah menghentikan pengiriman alat militer ke Saudi sejak Maret 2015,” kata Kneissl dilansir dari Reuters pada Jumat (26/10).

Prancis dan Inggris, yang akan meninggalkan Uni Eropa pada Maret tahun tahun depan merupakan pemasok utama ke Riyadh saat ini.

Namun Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan kepada Raja Saudi, Salman bin Abdulaziz, negaranya dapat mengambil tindakan terhadap mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

Macron enggan menanggapi wacana penyetopan ekspor senjata ke Saudi. Pasalnya, penjualan tersebut dinilai penting strategis bagi Prancis, mengingat kerja sama Saudi-Prancis dalam bisnis ini bernilai US$1,7 miliar tahun lalu.

TAGS : Arab Saudi Senjata Ekspor

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42845/Austria-Desak-Uni-Eropa-Hentikan-Ekspor-Senjata-ke-Saudi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments