Take a fresh look at your lifestyle.

AS Sukses Uji Coba Sistem Pertahan Rudal

0 3
AS Sukses Uji Coba Sistem Pertahan Rudal

Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) (Foto: Reuters)

Jakarta – Amerika Serikat menyatakan,  pihaknya menembaki rudal balistik jarak menengah yang disimulasikan (IRBM) serupa yang dikembangkan oleh negara-negara seperti Korea Utara, dalam sebuah uji coba pertahanan rudal THAAD yang baru.

Direncanakan bulan lalu, uji coba rudal Ude di atas Samudra Pasifik baru dilakukan pada Selasa (11/7) setelah peluncuran rudal balistik antar benua Korea Utara (ICBM) pada 4 Juli yang meningkatkan kekhawatiran ancaman dari Pyongyang.

Tes tersebut merupakan pertama dari sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) melawan IRBM yang menurut para ahli, target yang lebih cepat dan lebih sulit untuk dicapai daripada rudal jarak pendek.

Badan Pertahanan Rudal A. mengatakan, IRBM dirancang untuk berperilaku serupa dengan jenis rudal yang dapat mengancam Amerika Serikat.

“Demonstrasi yang sukses THAAD terhadap ancaman rudal jarak jauh IRBM memperkuat kemampuan defensif negara tersebut untuk menghadapi ancaman rudal di Korut dan negara-negara lain,” kata Badan Pertahanan Rudal dalam sebuah pernyataan.

Tes THAAD sukses menambah kredibilitas program pertahanan rudal militer AS yang mendapat sorotan tajam dalam beberapa tahun terakhir, termasuk karena penundaan dan kegagalan uji coba.

Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS, sebuah badan pengawas federal, mencatat dalam sebuah laporan Mei, Badan Pertahanan Rudal sebelumnya tidak pernah menguji THAAD melawan sebuah IRBM, walaupun menerapkan sistem tersebut ke pulau Guam, sebuah wilayah AS di Pasifik, pada tahun 2013 di tengah Kekhawatiran tentang program rudal Korut.

Itu berarti, sampai tes terakhir, sistem THAAD memiliki kemampuan yang belum terbukti terhadap IRBM, rudal yang memiliki jarak antara 1.800 dan 3.100 mil (3.000 sampai 5.500 km). Guam berjarak sekitar 2.100 mil (3.400 km) dari Korut.

Untuk mencapai daratan Amerika Serikat, Korea Utara perlu menyalakan sebuah ICBM, yang didefinisikan sebagai rudal dengan jarak lebih dari 3.400 mil (5.500 km).

TAGS : Amerika Serikat IRBM THAAD

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18692/AS-Sukses-Uji-Coba-Sistem-Pertahan-Rudal-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments