AS Rilis Foto dan Video Detik-detik Pengepungan Pemimpin ISIS

AS Rilis Foto dan Video Detik-detik Pengepungan Pemimpin ISIS

Tangkap layar dari video yang dirilis oleh Departemen Pertahanan AS pada 30 Oktober 2019, menunjukkan pasukan AS (lower R) bergerak maju di kompleks pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi di Suriah pada 26 Oktober 2019. (AFP photo / US Departemen Pertahanan)

Washington, Jurnas.com – Amerika Serikat (AS) merilis sejumlah gambar dan video detik-detik serangan yang membuat kepala Islamic State Iraq and Syria (ISIS/Daesh), Abu Bakar al-Baghdadi meninggal.

Komandan CENTCOM, Jenderal Frank McKenzie mengatakan kepada wartawan, empat pria dan dua wanita tewas dalam serangan itu dan dua anak yang tewas bersama Baghdadi mungkin di bawah 12.

Namun, McKenzie menolak mengkonfirmasi klaim Presiden AS, Donald Trump bahwa kepala ISISI itu berteriak, menangis dan merintih di saat-saat terakhirnya.

Klaim itu juga sudah ditolak pejabat AS yang tidak dikenal dengan pengetahuan tentang rincian operasional.

McKenzie juga menegaskan bahwa analisis DNA menunjukkan tanpa keraguan bahwa orang yang meninggal di sana adalah Baghdadi.

Menurut Komando Pusat AS itu, jasad pemimpin Takfiri itu dibuang di laut sesuai dengan Hukum Konflik Bersenjata dalam 24 jam setelah kematiannya.

Sementara itu, para pejabat AS memperkirakan seorang pemimpin ISIS baru akan muncul cepat atau lambat setelah juru bicara kelompok itu Abu Hassan al-Muhajir diduga juga dibunuh.

“Tidak ada keraguan bahwa kerugian selama akhir pekan itu signifikan bagi ISIS,” kata penjabat direktur Pusat Penanggulangan Terorisme Nasional Russ Travers kepada Komite Keamanan Dalam Negeri, merujuk pada kematian Bagdadi.

“AS dan koalisi secara keseluruhan memiliki keberhasilan luar biasa selama bertahun-tahun dalam memberantas kepemimpinan Al-Qaeda dan ISIS,” kayanya.

Ia lebih lanjut memperkirakan bahwa di suatu tempat antara beberapa hari dan beberapa minggu akan segera diumumkan pemimpin baru.

Travers juga mengatakan bahwa kematian Baghdadi dapat membuka jalan bagi hubungan yang lebih dekat antara ISIS dan al-Qaeda.

“Akan ada eulogies. Eulogies itu akan datang bahkan dari al-Qaeda,” katanya.

“Saya curiga (kepala al-Qaeda Ayman al-Zawahiri) akan memainkan peran sebagai negarawan senior dan mengeluarkan masalah sendiri. Kita akan melihat seruan untuk menyerang kepentingan-kepentingan Barat. Dan kemudian kita akan melihat permintaan untuk cabang dan afiliasi untuk bersumpah setia kepada pemimpin baru,” tambahnya.

TAGS : Abu Bakar al-Baghdadi Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61772/AS-Rilis-Foto-dan-Video-Detik-detik-Pengepungan-Pemimpin-ISIS/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz