Take a fresh look at your lifestyle.

AS Resmi Keluar dari Kesepakatan Nuklir, Washington-Eropa Memanas

0 4
AS Resmi Keluar dari Kesepakatan Nuklir, Washington-Eropa Memanas

Presiden Amerika Seriakat Donald Trump dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly (Foto: Yuri Gripas/Reuters)

Washington – Donald Trump akhirnya menarik Amerika Serikat keluar dari perjanjian nuklir internasional dengan Iran dan memerintahkan sanksi keras untuk diterapkan kembali di negara itu.

“Saya mengumumkan hari ini, bahwa Amerika Serikat akan menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran,” kata Trump di Gedung Putih dikutip dari Arab News, Kamis (9/5).

“Dalam beberapa saat, saya akan menandatangani memorandum kepresidenan untuk mulai mengembalikan kembali sanksi nuklir AS terhadap rezim Iran. Kami akan melembagakan sanksi ekonomi tingkat tertinggi,” sambungnya.

Rencana Aksi Komprehensif Gabungan yang ditandatangani pada tahun 2015 dengan kekuatan dunia menempatkan pembatasan pada program nuklir Iran sebagai imbalan atas pengabaian sanksi yang telah melumpuhkan perekonomian negaranya.

Namun, Trump mengatakan itu adalah “kesepakatan sepihak yang mengerikan, dan seharunya tidak pernah dientuk. “Kami tidak dapat mencegah bom nuklir Iran di bawah perjanjian saat ini.”

“Jika kita tidak melakukan apa-apa, kita tahu persis apa yang akan terjadi. Hanya dalam waktu singkat, sponsor teror negara terkemuka di dunia akan berada di titik puncak untuk mendapatkan senjata paling berbahaya di dunia,” terang Trump

Trump dan kritikus lainnya dari kesepakatan era Obama, termasuk Arab Saudi, mengatakan perjanjian itu gagal membatasi program rudal balistik Iran dan telah memberdayakan Teheran untuk melanjutkan kebijakan luar negerinya, seperti di Suriah dan Yaman.

Arab Saudi mengatakan mendukung keputusan Trump untuk menarik diri dari kesepakatan, yang sebelumnya didukung Kerajaan berdasarkan keyakinan “bahwa itu akan membatasi proliferasi senjata pemusnah massal.”

Riyadh menuduh Iran menggunakan kemampuan ini untuk menargetkan warga sipil di Kerajaan, merujuk rudal balistik yang ditembakkan ke Arab Saudi oleh sekutu Iran di Yaman.

Trump berulang kali mengacu pada tindakan Iran di wilayah itu sebagai bukti bahwa kesepakatan itu “cacat pada intinya.”

“Setelah sanksi dicabut, kediktatoran menggunakan dana baru untuk membangun rudal bertenaga nuklir, mendukung terorisme, dan menyebabkan malapetaka di seluruh Timur Tengah dan seterusnya,” kata Trump.

Menanggapi hal itu, Presiden Iran, Hassan Rouhani, salah satu pendukung utama dari kesepakatan di Iran, mengatakan negaranya akan tetap berkomitmen pada perjanjian tersebut.

“Jika kami mencapai tujuan kesepakatan dalam kerjasama dengan anggota lain dari kesepakatan. Dengan keluar dari kesepakatan, Amerika secara resmi merusak komitmennya terhadap perjanjian internasional,” katanya.

Rouhani mengatakan dia telah memerintahkan kementerian luar negerinya untuk bernegosiasi dengan negara-negara Eropa, China dan Rusia dalam beberapa minggu mendatang.

Trump mengatakan AS akan membentuk lembaga “tingkat tertinggi” untuk menjatuhi sanksi ekonomi kepada Ian, dan bahwa negara yang “membantu Iran mengembangkan senjata nuklir juga dapat dikenakan sanksi keras.”

Departemen Keuangan AS mengatakan akan ada  perpanjangan waktu 90 hari dan 180 hari tertentu,” tetapi tidak menentukan sanksi mana yang akan jatuh di bawah garis waktu mana. Pada akhir periode tersebut, sanksi akan “sepenuhnya berpengaruh”.

Keputusan itu menciptakan keretakan besar antara AS dan Eropa, yang melobi keras bagi Washington untuk tetap dalam kesepakatan itu.

Kepala diplomatik Uni Eropa, Federica Mogherini, mengatakan Uni Eropa “bertekad untuk mempertahankan” kesepakatan jika Teheran berpegang teguh pada komitmennya.

Inggris, Jerman dan Prancis mendesak AS untuk tidak mengambil langkah-langkah yang akan membuat hidup lebih sulit bagi negara-negara lain yang masih ingin tetap berpegang pada kesepakatan itu.

“Kami mendesak AS untuk memastikan bahwa struktur JCPOA (kesepakatan) dapat tetap utuh,” para pemimpin Inggris, Jerman dan Perancis mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama.

TAGS : Amerika Serikat Iran Eroapa kespakatan nuklir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34017/AS-Resmi-Keluar-dari-Kesepakatan-Nuklir-Washington-Eropa-Memanas/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments