Take a fresh look at your lifestyle.

AS Ingin Rajut Kembali Hubungan dengan Pakistan

0 4
AS Ingin Rajut Kembali Hubungan dengan Pakistan

AS dan Pakistan

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo berharap AS dapat membangun landasan yang kuat untuk mengatur ulang hubungannya dengan Pakistan.

Pompeo tiba di ibu kota Islamabad pada Rabu (05/09) bersama dengan delegasi AS yang berharap untuk memecahkan kebuntuan diplomatik dengan para pemimpin di sana – termasuk Perdana Menteri Pakistan Imran Khan , Menteri Luar Negeri Shah Mehmood Qureshi dan Jenderal Qamar Javed Bajwa, kepala militer baru Islamabad – dan mengakhiri perang di negara tetangga Afghanistan , yang akan segera memasuki tahun ke-18.



“Kami berbicara tentang pemerintah baru mereka, kesempatan untuk mengatur ulang hubungan antara kedua negara kami di spektrum yang luas, ekonomi, bisnis, komersial, pekerjaan yang kita semua tahu bahwa kita perlu lakukan untuk mencoba mengembangkan resolusi damai di Afghanistan yang bermanfaat pasti untuk Afghanistan, tetapi juga Amerika Serikat dan Pakistan, “kata Pompeo dilansir UPI.

“Saya berharap bahwa yayasan yang kami letakkan hari ini akan mendapat kesuksesan yang berkelanjutan saat kami mulai bergerak maju,” tambahnya.

Hubungan AS dengan Pakistan telah rusak dalam setahun terakhir sejak Presiden Donald Trump menuduh negara itu memainkan permainan ganda, yang secara terbuka mendukung upaya AS sementara secara diam-diam mendukung pemberontakan di Afghanistan.

Pekan lalu, Pentagon memutuskan untuk tidak menawarkan bantuan militer senilai $ 300 juta kepada Pakistan.

Pompeo mengatakan, dana itu dapat dipulihkan jika Gedung Putih menganggap Pakistan telah menunjukkan cukup banyak kemajuan dalam memerangi kelompok-kelompok teroris, tetapi ia menambahkan saat ini negara itu belum mencapai titik tersebut.

“Kami masih memiliki jalan panjang untuk pergi, banyak diskusi yang bisa dilakukan, tetapi hubungan militer-ke-militer adalah salah satu yang tetap di tempat,” katanya.

Amerika Serikat telah menahan $ 800 juta dalam Dana Dukungan Koalisi sepanjang tahun ini.

Para pemimpin Pakistan menyangkal memberikan bantuan kepada gerilyawan Afghanistan. Sebaliknya, mereka mengatakan Taliban terus merekrut dan menangkap lebih banyak wilayah karena kehadiran AS dan unjuk kekuatan militer.

“Kami membutuhkan Pakistan untuk serius terlibat untuk membantu kami mencapai rekonsiliasi yang kami butuhkan di Afghanistan,” kata Pompeo.

Quereshi mengatakan tujuannya adalah membangun hubungan saling percaya dan saling menghormati.

“Pertunangan bilateral hampir tidak ada, hampir total penangguhan,” katanya. “Jadi kita perlu melihat bagaimana untuk bergerak maju. Kami akan mendengarkan pandangan mereka dan menempatkan sikap kami di hadapan mereka.”

Setelah pertemuan pada Rabu, Qureshi mengatakan kedua pihak menciptakan awal baru bagi hubungan bilateral. Ia juga menambahkan bahwa dia memahami kekhawatiran AS untuk tidak lagi memiliki jejak di Afghanistan.

“Masa depan kita terkait dengan Afghanistan. Masa depan anak-anak kita terkait dengan Afghanistan,” katanya. “Kedamaian dan stabilitas saya terkait dengan perdamaian dan stabilitas Afghanistan.”

Meskipun kedua pihak tidak mencapai kesepakatan resmi, Pompeo mengatakan akan ada lebih banyak diskusi yang bisa dilakukan di masa depan.

“Kita harus mulai melakukan hal-hal yang benar-benar akan memberikan hasil sehingga kita dapat membangun kepercayaan dan kepercayaan. Itulah fokusnya,” katanya.

TAGS : Pompeo AS Pakistan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/40401/AS-Ingin-Rajut-Kembali-Hubungan-dengan-Pakistan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments