Take a fresh look at your lifestyle.

AS Beri Sanksi Venezuela Setelah Pemilu

0 3
AS Beri Sanksi Venezuela Setelah Pemilu

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro (foto: UPI)

Jakarta – Presiden Donald Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif yang mencegah Venezuela dari melikuidasi aset kepada pembeli Amerika Serikat setelah pemilihan akhir pekan yang secara administrasi dianggap curang.

Dilansir UPI, perintah itu mencegah rezim terpilih kembali Presiden Nicolas Maduro dari penjualan aset publik untuk harga jual tinggi.



Pada Minggu (20/05), Maduro, dari Partai Persatuan Sosialis yang berkuasa, mengalahkan Henri Falcon dari Partai Progresif Lanjutan dengan 68 persen suara.

Amerika Serikat mengutuk rezim itu karena melarang pemimpin oposisi utama berpartisipasi dan menekan pers bebas. Dalam beberapa kasus, pejabat AS mengatakan, pejabat rezim memberi makanan atau uang kepada pemilih yang memilih Maduro. Di masa lalu, masyarakat yang memilih menentang rezim memiliki manfaat pangan yang ditahan dari mereka.

“Rezim Maduro telah menghancurkan ekonomi dan demokrasi Venezuela,” kata seorang pejabat yang tak disebutkan namanya.

“Rezim itu memikul tanggung jawab atas penderitaan rakyat Venezuela,” tambahnya.

“Kami menyerukan rezim Maduro untuk memulihkan demokrasi, menyelenggarakan pemilihan umum yang bebas dan adil, membebaskan semua tahanan politik segera dan tanpa syarat, dan mengakhiri penindasan dan perampasan ekonomi rakyat Venezuela,” kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Perintah eksekutif mencegah Venezuela dari menjual utang yang terkait dengan perusahaan minyak milik negara PDVSA, menjanjikan utang yang berutang kepada pemerintah sebagai jaminan dan dari penjualan setiap entitas yang memegang 50 persen atau bunga yang lebih besar.

Pemerintah telah berusaha untuk menjual utang pada “sen dolar” dalam upaya untuk memperkaya elit rezim dan menghindari sanksi keuangan yang ada. Seorang pejabat pemerintah mengatakan tindakan itu berfungsi untuk menggadaikan masa depan rakyat Venezuela.

Amerika Serikat bukan satu-satunya negara yang mempermasalahkan proses pemilihan tersebut. Empat belas negara menarik duta besar mereka di Caracas, termasuk Argentina, Brasil, dan Kanada.

Sanksi AS awal tahun ini menargetkan penggunaan cryptocurrency Venezuela, yang pejabatnya sebut sebagai upaya untuk menipu investor internasional.

Departemen Keuangan AS juga telah memberi sanksi kepada beberapa pejabat Venezuela karena ketidakberesan pemilu dan korupsi.

Venezuela terlibat dalam krisis keuangan yang telah melanda inflasi dan kelangkaan barang-barang pokok seperti makanan dan obat-obatan.

Sementara itu, rezim Maduro telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia dalam tindakan keras terhadap para tokoh oposisi dan pengunjuk rasa.

Pada tahun 2016, oposisi Venezuela mengumpulkan cukup tanda tangan untuk memaksa referendum jatuhkan Maduro, tetapi penundaan dalam proses petisi tiga langkah menghentikan segala upaya untuk memaksa pemilihan awal.

TAGS : Amerika Venezuela Trump

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34859/AS-Beri-Sanksi-Venezuela-Setelah-Pemilu/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments