Take a fresh look at your lifestyle.

Arab Saudi Cekal Rudal Balasan Houthi dari Yaman

0 5
Arab Saudi Cekal Rudal Balasan Houthi dari Yaman

Militer Houthi (Foto: Reuters)

Riyadh – Pasukan Arab Saudi mencegat dua rudal di ibukota, Riyadh, yang diluncurkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak di negara tetangganya, Yaman.

Pemberontak Houthi Yaman  menembakkan sejumlah rudal ke dalam kerajaan dalam beberapa bulan terakhir sebagai pembalasan terhadap serangan udara oleh koalisi Saudi-Emirat yang mendukung pasukan pro-pemerintah di negara termiskin di dunia Arab.



Menurut saksi mata kepada Reuters, setidaknya enam ledakan keras terdengar pada  Minggu dan kilatan yang terang terlihat di langit di atas Riyadh.

“Pasukan Pertahanan Udara Kerajaan Saudi mencegat dan menghancurkan rudal. Beberapa puing-puing rudal yang disergap mendarat di daerah pemukiman, untungnya tanpa menimbulkan korban,” kata juru bicara koalisi Turki al-Malki dalam sebuah pernyataan.

Media yang dikelola Houthi mengatakan, rudal-rudal Burkan ditembakkan ke kementerian pertahanan Saudi dan target lainnya.

“Semakin lama agresi dan perang berlanjut, semakin besar kemampuan rudal balistik kami,” kata Al Mayadeen TV mengutip juru bicara Houthi, Mohammed Abdul-Salam.

Serangan itu adalah yang pertama menargetkan Riyadh sejak koalisi pimpinan Saudi melancarkan serangan pekan lalu untuk menangkap kota pelabuhan Yaman Hudaida, dalam pertempuran terbesar perang tiga tahun yang bertujuan melemahkan Houthi dengan memotong jalur suplai utama mereka.

Ada peningkatan keamanan dan mobil pemadam kebakaran di wilayah tersebut setelah serangan rudal hari Minggu, yang merupakan yang keenam di Riyadh sejak Desember.

Koalisi dukungan Barat ikut campur dalam perang Yaman pada 2015 untuk menggulingkan kaum Houthi dan memulihkan pemerintahan yang diakui internasional di pengasingan.

Riyadh menuduh Houthi menggunakan pelabuhan itu untuk menyelundupkan senjata buatan Iran, termasuk rudal – tuduhan yang dibantah oleh kelompok itu dan Teheran.

TAGS : Yaman Houthi Arab Saudi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/36665/Arab-Saudi-Cekal-Rudal-Balasan-Houthi-dari-Yaman/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments