Analis: China Temukan Alternatif Lawan Perang Dagang Trump

Analis: China Temukan Alternatif Lawan Perang Dagang Trump

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump menghadiri pertemuan bilateral di sela KTT G20 di Osaka pada 29 Juni 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com – Perang dagang Amerika Serikat (AS) terhadap ekonomi China tidak berefek berarti karena Beijing mulai menemukan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya.

Mantan profesor Antropologi di Cabrillo College California, Dennis Etler, menyatakan hal itu menanggapi Presiden AS, Donald Trump terhadap setiap kesepakatan parsial dalam pembicaraan yang sedang berlangsung dengan China untuk menyelesaikan perbedaan perdagangan.



Sebelumnya, Jumat (20/9), Trump mengatakan tidak menginginkan kesepakatan parsial dengan China dan tidak akan menerima jika hanya membahas beberapa perbedaan antara kedua negara.

“Saya tidak ingin kesepakatan parsial, saya ingin kesepakatan penuh,” kata Trump saat konferensi pers dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Etler mengatakan kepada Press TV pada Minggu (22/9), tidak mungkin untuk mengambil apa pun yang Presiden AS Trump katakan pada nilai nominal. Ia juga merujuk pada klaim Trump bahwa perusahaan-perusahaan AS mendapatkan uang tunai dari tarif yang lebih tinggi.

“Evaluasinya tentang kekuatan relatif ekonomi China dan AS terbang di hadapan kenyataan,” kata Etler tentang Trump.

“Tarif adalah pajak impor yang dibayarkan perusahaan AS yang mengimpor barang asing, yang biayanya ditanggung konsumen AS. Miliaran dolar yang dibicarakan Trump diambil dari persembunyian pembayar pajak AS, bukan birokrat Tiongkok,” lanjut analis itu.

Ia kemudian menjelaskan mengapa China menghadapi tekanan AS tanpa banyak usaha, tidak seperti apa yang Washington ingin orang percaya.

“Tanpa merinci, ada banyak bukti, perang perdagangan memiliki efek minimal terhadap ekonomi Tiongkok yang merespons dengan memperluas ekspornya ke wilayah lain di dunia dan meningkatkan impornya dari sumber lain selain AS. Fakta bahwa China harus melakukan apa pun yang terjadi,” ujar  Etler.

“Perang dagang juga mempromosikan dan mempercepat dorongan Tiongkok untuk pengembangan mandiri atas sektor teknologinya berdasarkan pada inovasi internal daripada bergantung pada pasar internasional yang berubah-ubah,” tambahnya.

Ia mengatakan seruan Trump untuk mealakun kesepakatan penuh dengan Chinahanya retorika untuk memposisikan dirinya untuk pembicaraan perdagangan mendatang dan meredakan basisnya, dan tidak boleh dianggap serius.

“AS telah menunjukkan diri sebagai mitra yang tidak dapat diandalkan dalam hubungan diplomatik dan ekonomi. Ini mendahului administrasi Trump tetapi telah diperburuk sejak aksesinya ke kekuasaan, “katanya.

“Selain itu, kecenderungan Trump untuk melebih-lebihkan, hiperbola, dan kepalsuan langsung, alias kebohongan, sangat banyak. Tidak ada yang dia katakan memiliki banyak makna,” tambahnya.

TAGS : Perang Dagang Amerika Serikat China Donald Trump

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/59708/Analis-China-Temukan-Alternatif-Lawan-Perang-Dagang-Trump/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz