Take a fresh look at your lifestyle.

Ali Khamenei: Iran Tak Mengandalkan Eropa

0 2
Ali Khamenei: Iran Tak Mengandalkan Eropa

Mata uang Iran (Foto: Raheb Homavandi/Reuters)

Tehran – Pemimpin Revolusi Islam Iran mendesak kabinet Rouhani menyiapkan “peta jalan ekonomi stabil” untuk menghentikan fluktuasi di negara itu. Dengan demikian warga dan aktivis ekonomi akan tahu tugas mereka dan akan segera membantu pemerintah menghadirkan rasa stabilitas dan ketenangan.

Saran Ayatollah Ali Khamenei disampaikan setelah Amerika Serikat (AS) keluar dari perjanjian nuklir 2015 dan menerapkan kembali sanksi yang kemungkinan besar akan dieksekusi pada Agustus.



“Memberdayakan sektor swasta dan menindak secara tegas pelaku korupsi adalah solusi untuk ketahan ekonomi nasional,” ujar Ali Khamenei, dilansir Tehran Time, Minggu (16/7).

Sejak AS mengumumkan restorasi sanksi terhadap Iran, beberapa oportunis menyalahgunakan situasi itu untuk membeli mata uang asing, terutama dolar, dan koin emas dalam jumlah besar, yang mengarah jatuhnya mata uang nasional dan sebagai akibatnya inflasi.

Pemimpin yang berusia 78 tahun itu mengatakan, siapa pun mereka yang mengganggu pertukaran mata uang asing dan pasar emas harus dihukum.

Ayatollah Khamenei mengatakan, pemerintah harus menampilkan “kemampuan”, “kompeten”, dan “pekerja keras” itu sendiri karena dengan itu mereka akan membangkitkan hati warganya.

Di tempat lain dalam sambutannya, ia mengatakan, “Menampilkan kekuatan melawan orang asing, Amerika pada khususnya, adalah suatu keharusan.”

Pemimpin memuji posisi Presiden Rouhani terhadap ancaman embargo minyak terhadap Iran oleh AS saat tur Eropa, mengatakan, “Menampilkan kekuatan dalam menghadapi orang asing, terutama orang Amerika, adalah sesuatu yang penting.”

Sementara itu, ia menekankan perlunya meningkatkan hubungan diplomatik “dengan Timur dan Barat” kecuali “dalam beberapa kasus seperti Amerika”.

Mengenai JCPOA, Ayatollah Khamenei mengatakan orang Eropa masih diminta untuk memberikan jaminan yang diperlukan untuk menyelamatkan perjanjian tetapi pemerintah “tidak boleh mengikat ekonomi negara itu dengan masalah itu”.

Ia mendesak pemerintah untuk meningkatkan pengawasannya pada transaksi moneter untuk mencegah kejahatan seperti pencucian uang, dan menyarankan kabinet agar  transparan agar warga lain mengetahui masalah ekonomi yang ada.

TAGS : fluktuasi Iran Amerika Serikat ekonomi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/37758/Ali-Khamenei-Iran-Tak-Mengandalkan-Eropa/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments