Take a fresh look at your lifestyle.

Cara Promosi di Instagram dan Cara Meningkatkan Engagement Rate

0

Jejaring sosial adalah salah satu saluran pemasaran yang menjanjikan saat ini. Anda dapat bisa mulai mempromosikan produk menggunakan jejaring sosial, salah satunya untuk Instagram. Instagram (disingkat sebagai IG atau Insta) adalah aplikasi untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan media sosial, termasuk Instagram itu sendiri. Fitur unik di Instagram adalah foto yang dipotong menjadi bentuk persegi, sehingga tampaknya hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Ini berbeda dari rasio aspek 4: 3 atau 16: 9, yang umum digunakan oleh kamera pada perangkat seluler.

Saat ini, Instagram telah menarik perhatian marketer dari seluruh dunia. Tren ini dapat dikatakan bahwa relatif baru, bersama dengan pertumbuhan pertumbuhan pengikut luar biasa di jejaring sosial Instagram. Jejaring sosial ini memiliki pengguna bulanan aktif lebih dari 600 juta dengan tingkat partisipasi tertinggi dibandingkan dengan platform jejaring sosial lainnya. Jadi bagaimana cara promosi di instagram dan strategi jualan di Instagram.

Cara Promosi di Instagram untuk Pemula

Cara Meningkatkan Engagement Rate - Wartawan

Photo by Nathana Rebouças on Unsplash

Bagaimana sih cara promosi bisnis Anda dan bagaimana strategi jualan di instagram. Berikut informasi untuk Anda dalam berpromosi di Instagram :

1. Lengkapi Bio Instagram Bisnis Anda

Untuk menumbuhkan kepercayaan dari pengguna Instagram yang mengikuti bisnis Anda, pastikan BIO pada akun Anda sudah diisi dengan lengkap dan jelas seperti menggunakan username yang singkat, jelas, mudah dicari dan diingat, lalu tambahkan kata kunci dari bidang bisnis Anda, gunakan profile picture terbaik, infokan deskripsi singkat Bisnis Anda, dan berikan kalimat Call to Action serta tambahkan link website

2. Tentukan Tema Feed Instagram Anda dan Posting Secara Konsisten

Anda bisa mencari ide melalui, memperhatikan brand ternama dan terbesar dalam menentukan tema Instagram sehingga Anda bisa membuat akun Instagram bisnis Anda mempunyai ciri khas yang membuat pengguna Instagram tertarik melihat Instagram bisnis Anda. Lalu Anda juga wajib konsisten dalam memposting produk/jasa dari bisnis Anda, sehingga Anda bisa berinteraksi terhadap followers seperti memberikan edukasi contohnya. Dengan terjadinya interaksi ini diharapkan bisa terjadi konversi penjualan langsung dari follower, selain itu dengan sering upload konten menjadikan branding bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Catat waktu terbaik untuk melakukan post konten agar engagement tinggi.

BACA JUGA  Hizbullah: Arab Saudi Deklarasikan Perang

3. Gunakan Hastag dan Bangun Relasi dengan Akun Sejenis

Hastag dalam Instagram memiliki fungsi untuk memudahkan seseorang dalam mencari suatu hal. Dengan menggunakan hastag, post akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain dan Anda bisa mulai membangun relasi dengan melakukan follow pada akun Instagram sejenis terlebih dahulu, kemudian lakukan komentar pada setiap postnya. Tetapi perlu diingat jangan spam atau komentar jualan secara langsung, lakukan teknik soft selling. Pastikan Anda juga follow akun-akun influencer sejenis dalam bisnis Anda, agar nantinya akun mendapatkan rekomendasi follower dari Instagram akun yang sejenis. Anda juga bisa melakukan follow pada pengikut akun kompetitor produk bisnis Anda.

4. Sertakan Link Product, Share Testimoni Pelanggan dan Share ke Media Sosial Lainnya

Karena Instagram tidak bisa menyertakan link pada caption dan komentarnya, maka solusinya Anda bisa menggunakan shortlink agar mudah diingat oleh follower. Shortlink memiliki fungsi untuk memperpendek tautan sehingga lebih mudah diingat atau cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang link produk pada BIO akun Instagram, jadi saat ada yang tanya-tanya langsung saja diarahkan untuk membuka melalui link BIO.

Testimoni juga menjadi salah satu bukti yang paling bagus untuk membangun trust konsumen kepada kita. Agar tidak merusak feed Instagram maka upload testimoni sebagai IG story, kemudian masukan pada highlights Instagram sesuai dengan kriteria. Untuk memaksimalkan promosi di IG, Anda bisa menggunakan sosial media lain atau website guna untuk share akun Instagram yang Anda miliki. Tujuannya agar mengarahkan orang-orang untuk follow akun Instagram bisnis yang Anda kelola.

BACA JUGA  10 Seleb Cantik Ini Sering Posting Foto Hot di Instagram

Cara Meningkatkan Engagement Rate - Wartawan

Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Sayangnya, mengoptimalkan Instagram untuk marketing tidaklah mudah. Kamu harus menciptakan engagement rate yang bagus supaya dapat mengembangkan strategi marketing. Salah satu strategi nya ialah berinteraksi dengan audiens atau followers bisnis Anda, karena jika engagement naik, maka penjualan pasti akan naik. Cara nya yaitu like,comment dan share. Hal tersebut akan membantumu untuk meningkatkan engagement. Selain itu, apabila ada followers yang mengirimkan pesan atau direct message ke akunmu, jangan ragu untuk membalasnya.

Strategi marketing online saat ini di media sosial, bagaimana postingan produk Anda bisa memiliki engagement rate luas, menjangkau banyak orang dan memiliki tingkat interaksi dengan followers/subscribers tinggi.

Cara meningkatkan Engagement Rate Instagram, Youtube, Gmaps (Google My Business), atau sebuah aplikasi di Playstore, yaitu dengan mencari siapapun yang mau berkomentar. Penjual jasa komentar Instagram dan media sosial lainnya sangat banyak, tetapi mereka menggunakan robot (BOT), sedangkan RajaKomen menggunakan komunitas komentator yang berasal dari seluruh Indonesia. rajakomen.com memberikan solusi utk meningkatkan ER, melalui memperbanyak komen, dan kelebihannya, komen dari komunitas real human (manusia asli) dari Indonesia.

Baca Juga : Jual Peppermint Essential Oil Terbaru Harga Murah

Kenali Top 7 B2B SEO Agencies dari Pakar SEO Profesional

 

Sebutkan salah satu Cara Promosi di Instagram untuk Pemula!

Tentukan Tema Feed Instagram Anda dan Posting Secara Konsisten, Anda bisa mencari ide melalui, memperhatikan brand ternama dan terbesar dalam menentukan tema Instagram sehingga Anda bisa membuat akun Instagram bisnis Anda mempunyai ciri khas yang membuat pengguna Instagram tertarik melihat Instagram bisnis Anda. Lalu Anda juga wajib konsisten dalam memposting produk/jasa dari bisnis Anda, sehingga Anda bisa berinteraksi terhadap followers seperti memberikan edukasi contohnya. Dengan terjadinya interaksi ini diharapkan bisa terjadi konversi penjualan langsung dari follower, selain itu dengan sering upload konten menjadikan branding bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Catat waktu terbaik untuk melakukan post konten agar engagement tinggi.

BACA JUGA  Dewan Kehormatan PWI Hargai Sikap Nonaktif Margiono

Apa manfaat dari melengkapi Bio Instagram Bisnis ?

Untuk menumbuhkan kepercayaan dari pengguna Instagram yang mengikuti bisnis Anda, pastikan BIO pada akun Anda sudah diisi dengan lengkap dan jelas seperti menggunakan username yang singkat, jelas, mudah dicari dan diingat, lalu tambahkan kata kunci dari bidang bisnis Anda, gunakan profile picture terbaik, infokan deskripsi singkat Bisnis Anda, dan berikan kalimat Call to Action serta tambahkan link website

Bagaimana cara meningkatkan engagement rate ?

Cara meningkatkan Engagement Rate Instagram, Youtube, Gmaps (Google My Business), atau sebuah aplikasi di Playstore, yaitu dengan mencari siapapun yang mau berkomentar. Penjual jasa komentar Instagram dan media sosial lainnya sangat banyak, tetapi mereka menggunakan robot (BOT), sedangkan RajaKomen menggunakan komunitas komentator yang berasal dari seluruh Indonesia. rajakomen.com memberikan solusi utk meningkatkan ER, melalui memperbanyak komen, dan kelebihannya, komen dari komunitas real human (manusia asli) dari Indonesia.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.