Take a fresh look at your lifestyle.

7 Tips & 7 Trik Mencari Info Loker Sesuai Minat dengan JobStreet Express

0

Pada era digital saat ini, mencari informasi lowongan kerja telah menjadi lebih efisien dan cepat, terutama dengan adanya platform online seperti JobStreet Express. JobStreet Express merupakan aplikasi lowongan kerja terkemuka yang menyediakan berbagai peluang karir dari berbagai industri. Untuk membantu kamu mendapatkan informasi lowongan sesuai minat, berikut adalah 7 tips dan trik yang dapat kamu terapkan.

Tips Mencari Info Loker Sesuai Minat dengan JobStreet Express

7 Tips & 7 Trik Mencari Info Loker Sesuai Minat dengan JobStreet Express
7 Tips & 7 Trik Mencari Info Loker Sesuai Minat dengan JobStreet Express

1. Pahami Minat dan Tipe Pekerjaan yang Kamu Inginkan

Sebelum mendapatkan info lowongan kerja yang sesuai minat kamu. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu, apa minat kamu? Bidang apa yang ingin kamu geluti? Tipe pekerjaan apa yang kamu inginkan?. Sebelum mengetahui hal-hal tersebut, langkah selanjutnya tidak terlalu penting. Kamu harus mengenali dan memahami diri kamu terlebih dahulu. Memahami dirimu sendiri adalah fondasi penting karena akan membimbing langkah selanjutnya dalam proses pencarian kerja.

Untuk memahami minat, pertimbangkan apa yang membuatmu bersemangat dan terinspirasi, serta bidang apa yang kamu rasa memiliki keahlian di dalamnya. Selanjutnya, tentukan tipe pekerjaan yang sesuai dengan minatmu, apakah part time, full time, atau pekerjaan dengan pembagian shift. Dengan memahami minat dan tipe pekerjaan yang diinginkan, kamu akan lebih mudah menemukan peluang karir yang sesuai.

2. Profil Pekerjaan yang Jelas

Membuat profil pekerjaan yang jelas dalam pencarian kerja melalui JobStreet Express adalah langkah penting untuk meningkatkan peluang mendapatkan lowongan sesuai minat dan keahlian. Beberapa elemen kunci dalam menyusun profil yang lebih terperinci meliputi identifikasi kamu seperti, lokasi, pengalaman kerja, ketersediaan shift, dan pengaturan privasi. Dengan merinci setiap aspek ini, kamu dapat meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan tujuan karir kamu.

Saat mencari lowongan di JobStreet Express, pastikan untuk membuat profil pekerjaan yang jelas. Tentukan bidang atau industri yang sesuai dengan minat atau sepak terjang kamu. Semakin spesifik kamu dalam mendefinisikan keahlian dan minat, semakin akurat hasil pencarian yang akan diperoleh.

3. Manfaatkan Filter Pencarian

Memanfaatkan fitur filter pencarian pada JobStreet Express memberikan keuntungan dalam menyaring hasil pencarian lowongan kerja berdasarkan kriteria tertentu. Filter ini memungkinkan pengguna untuk fokus pada lowongan yang sesuai dengan preferensi kamu, seperti lokasi, jenis kontrak, dan waktu pekerjaan tersebut dibuka. Dengan demikian, kamu dapat mengoptimalkan waktu dan upaya kamu untuk menemukan peluang pekerjaan yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan individual. Fitur ini sangat memudahkan bagi kamu yang sedang mencari loker Driver.

4. Notifikasi Pekerjaan

JobStreet Express mempunyai fitur ‘Job Alert’. Dengan mengaktifkan notifikasi pekerjaan di JobStreet Express. Fitur ini memungkinkan kamu tetap terkini dengan peluang kerja yang sesuai dengan profil dan minat kamu. Proses ini memberikan keuntungan, seperti mendapatkan informasi langsung begitu ada lowongan baru, efisiensi dalam pencarian kerja, dan memberikan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan preferensi kamu. Dengan cara ini, kamu tidak akan ketinggalan informasi. Cara penggunaannya adalah contoh, kamu menginginkan pekerjaan Admin di Jakarta.

  1. Masuk ke akun kamu
  2. Klik menu “Job Alert” yang ada di navigasi bawah
  3. Klik “Cari Lowongan”
  4. Ketik posisi dan lokasi yang kamu mau, misal Admin di Jakarta
  5. Klik “Kirim Info Lowongan”

5. Perbarui Profil

Memperbarui secara berkala profil di JobStreet Express adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk memperbesar peluang kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan preferensi kamu. Riwayat pekerjaan, keterampilan, dan prestasi adalah salah satu contoh yang dapat kamu tambahkan di profil serta resume kamu. Jika kamu pernah membuat atau mengerjakan suatu proyek, kamu juga dapat mencantumkan proyek tersebut. Jelaskan secara detail dan mendalam peranan kamu terhadap proyek tersebut serta jelaskan juga kemampuan yang kamu gunakan. Tidak lupa, gaya bahasa dapat menjadi nilai tambah. Dengan melakukan hal-hal tersebut kamu akan menonjol di antara para pelamar lainnya di mata perusahaan. Tentu saja ini akan meningkatkan peluang kamu diterima di pekerjaan tersebut.

6. Gunakan Fitur ‘Near Me’

Di JobStreet Express, terdapat fitur ‘Near Me’ yang sangat bermanfaat bagi pencari kerja. Fitur ini memberikan kemudahan dalam menemukan lowongan pekerjaan yang berdekatan dengan lokasi saat ini. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa mengurangi biaya transportasi dan akomodasi karena dapat mencari pekerjaan di dekat tempat tinggal. Selain itu, fitur ‘Near Me’ juga memungkinkan kita untuk memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan preferensi yang kita inginkan, seperti Barista, Admin, Driver, dan lainnya. Hal ini memberikan kebebasan bagi kamu untuk mengeksplorasi berbagai peluang pekerjaan dengan catatan, pekerjaan tersebut berada dekat lokasi kamu. Dengan kata lain, kamu dapat fokus pada lowongan pekerjaan yang ada di sekitar kamu tanpa harus mengorbankan banyak waktu dan uang untuk bepergian.

7. Manfaatkan Fitur Simpan

JobStreet Express juga mempunyai fitur ‘Simpan’. Fitur ini menyimpang lowongan-lowongan pekerjaan yang kamu simpan. Misal, kamu mendapati lowongan Barista di Jakarta, namun saat ini kamu masih berada di Bandung dan sekitar 2 minggu lagi kamu akan pindah ke Jakarta karena urusan keluarga atau kamu mendapati lowongan kerja Barista, tetapi saat ini kamu masih berada di kelas kursus Barista. Cek info loker Barista sekarang juga.

Dengan fitur ‘Simpan’, ketika kamu sudah menyelesaikan urusanmu, kamu tidak perlu susah payah untuk mencari lowongan kerja Barista baru. Kamu tinggal memasuki fitur ‘Simpan’ dan cek lowongan kerja mana yang sudah kamu simpan. Tidak sebatas itu saja, fitur ini juga memungkinkan kamu untuk mengetahui lowongan kerja mana saja yang sudah kamu lamar. Dengan fitur ini kamu dapat dengan mudah memantau lamaran kerja kamu.

Trik Mencari Info Loker Sesuai Minat dengan JobStreet Express

7 Tips & 7 Trik Mencari Info Loker Sesuai Minat dengan JobStreet Express
7 Tips & 7 Trik Mencari Info Loker Sesuai Minat dengan JobStreet Express

1. Berkonsultasi dengan Kerabat

Meskipun kamu sudah mengenali dan memahami dirimu dengan baik, tidak menutup kemungkinan ada bagian yang tidak dapat kamu lihat sendiri. Terkadang bagian itu dapat dilihat oleh orang di sekelilingmu. Orang di sekelilingmu yang dimaksud adalah seperti teman, keluarga, dan kerabat lainnya. Misal, kamu menyadari dan memahami bahwa kamu suka kerapihan, mengelola barang, dan menata barang. Jika dipikir, tentu kamu cocok menjadi Staff Gudang. Namun, keluargamu melihat bahwa secara tidak langsung kamu mempunyai komunikasi yang baik. Kamu dapat berkomunikasi sesuai tingkatan lawan bicaramu, kamu juga sigap dalam menghadapi masalah dan kamu dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam satu waktu. Jika dipahami lebih dalam, kamu mempunyai potensi menjadi seorang Admin yang lihai. Berkonsultasi dengan kerabat bukan menjadi hal yang membingungkan, namun berkonsultasi dengan kerabat dapat membuka potensi, peluang, dan gerbang karirmu seluas-luasnya. Bagi kamu yang tertarik dengan posisi Admin. Cek loker Admin sekarang juga!.

2. Berkonsultasi dengan Pekerja di Posisi Terkait

Berkonsultasi dengan seseorang yang sudah bekerja di bidang atau pekerjaan tersebut sangat bermanfaat. Misal, kamu mempunyai teman yang bekerja sebagai Barista. Kamu dapat menanyakan hal-hal seputar Barista. Tentu saja pertanyaan yang kamu tanyakan harus sesuai dengan tujuan awal, yaitu mengetahui segala sisi dari pekerjaan tersebut. Informasi ini dapat kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Selain itu, jika dipikir secara logika. Tentu saja informasi yang berada diluar dengan informasi dari seseorang yang bekerja di posisi tersebut. Informasi dari orang tersebut lebih akurat dan lebih detail. Akan tetapi, perlu diingat bahwa setiap perusahaan mempunyai kebijakan yang berbeda-beda.

3. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Menerapkan kata kunci yang relevan sangat penting dalam mencari pekerjaan. Pastikan kamu menggunakan kata kunci yang spesifik dan sesuai dengan minat kamu. Misalnya, kamu berminat dalam bidang retail, gunakan kata kunci seperti Sales, Kasir, Staff Toko dan Customer Service saat mencari lowongan pekerjaan. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, kamu dapat memfilter hasil pencarian dan menemukan peluang pekerjaan yang lebih sesuai dengan keinginan dan kualifikasi kamu. Selain itu, kamu juga dapat mencoba menggunakan variasi kata kunci yang berbeda untuk memperluas jangkauan pencarian dan menemukan lebih banyak peluang kerja.

4. Pelajari Budaya Perusahaan

Sebelum melangkah lebih jauh dalam proses melamar pekerjaan, penting bagi kamu untuk memahami budaya perusahaan yang akan menjadi lingkungan kerjamu. Mengetahui dan memahami budaya perusahaan akan membantumu menentukan sejauh mana kesesuaian kamu dengan nilai-nilai dan aturan yang berlaku di tempat kerja. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah adalah mengakses sumber-sumber terpercaya seperti website resmi perusahaan, di mana biasanya terdapat informasi tentang nilai-nilai perusahaan, visi, dan misi.

Selain itu, kamu juga dapat memantau kegiatan perusahaan di media sosial. Hal ini dapat memberikan wawasan tambahan tentang budaya kerja yang ada. Dengan memahami budaya perusahaan dengan baik, kamu dapat menilai apakah kamu akan cocok dan nyaman bekerja di lingkungan tersebut, sehingga memungkinkan kamu untuk membuat keputusan yang tepat. Hal ini sangat berguna, terlebih jika kamu sedang mencari info loker Part Time.

5. Pahami Setiap Pekerjaan dan Bandingkan

Kamu sudah mengenali dan memahami diri kamu, berkonsultasi dengan kerabat juga sudah dilakukan. Selain mengetahui minat kamu di bidang pekerjaan apa. Kamu juga harus memahami tiap-tiap pekerjaan di bidang tersebut dan membandingkannya. Hasil perbandingan tersebut dapat kamu pilih, mana pekerjaan yang sesuai dengan minatmu. Misal, kamu berminat di bidang Retail. Dalam bidang Retail, banyak jenis-jenis pekerjaan seperti, Sales, Kasir, Customer Service, Staff Toko dan Supervisor Toko. Meskipun satu bidang, namun tiap-tiap pekerjaan tersebut mempunyai tanggung jawab yang berbeda. Dengan membandingkan tiap-tiap pekerjaan, kamu dapat mengetahui tantangan di tiap pekerjaan tersebut.

6. Pelajari Tanggung Jawab Pekerjaan dan Bandingkan dengan Dirimu

Jika sebelumnya kamu sudah memahami dan membandingkan tiap-tiap pekerjaan pada suatu bidang. Selanjutnya kamu perlu membandingkan pekerjaan tersebut, mulai dari tanggung jawab, tantangan yang akan dihadapi dan sebagainya dengan dirimu. Kamu dapat menyesuaikan dan mencocokan apakah pekerjaan tersebut cocok dengan minat serta karaktermu.

7. Jangan Gegabah

Yang terakhir adalah jangan gegabah.Kamu sudah mengikuti langkah-langkah sebelumnya dari awal sampai akhir. Tidak bisa dipungkiri kamu akan merasa paham dan lihai untuk mencari pekerjaan sesuai dengan minatmu. Eits, jangan gegabah. Kesalahan yang umum dilakukan oleh setiap orang adalah terburu-buru dalam bertindak. Tentu kamu tidak ingin seperti itu bukan?. Kamu dapat mengecek kembali di tiap langkah yang kamu lakukan bahkan mengulangi lagi. Hal ini akan mempengaruhi tingkat keakuratan pekerjaan sesuai minatmu yang kamu pilih.

Profil JobStreet Express

JobStreet Express, bagian dari Jobstreet by SEEK, teknologi pencarian kerja terkemuka di Indonesia. Tujuan kami adalah menjadi mitra rekrutmen paling terpercaya dan handal di bidang semi-terampil di Indonesia.

JobStreet Express telah hadir sejak Oktober 2022 dan kini memiliki puluhan ribu mitra perusahaan di Jakarta, Bali, Lombok, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, dan kota-kota lainnya. Hingga saat ini, JobStreet Express memiliki lebih dari 16.000 iklan lowongan kerja aktif di platformnya. JobStreet Express menyediakan berbagai macam info loker. Dengan kemudahan proses rekrutmen yang ditawarkan JobStreet Express, kamu dapat melamar berbagai lowongan hanya dalam satu portal dengan cepat, aman, dan gratis.

Jenis lowongan yang tersedia di JobStreet Express antara lain Kasir, Front Office, Sales/Marketing, Kitchen Crew, Staff Gudang, Pekerja Harian, dan masih banyak lagi. Tidak hanya memudahkan perusahaan dalam mencari kandidat yang tepat, JobStreet Express juga terus berupaya memberikan kemudahan bagi pelamar kerja. Hal ini merupakan upaya JobStreet Express untuk menjadi mitra pencarian kerja yang dapat diandalkan untuk berbagai kalangan.

Berbagai daftar lowongan kerja terpercaya dapat diakses dengan mudah melalui website id.jobstreetexpress.com dan aplikasi JobStreet Express yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store jobstreetexpress.app.link/unduhjse. Setelah masuk ke website atau lamaran, berikut langkah-langkah melamar pekerjaan:

  1. Buat akun dan lengkapi data seperti nama lengkap, nomor telepon, domisili, CV, dan lain sebagainya. Daftar di sini
  2. Pilih nama pekerjaan yang ingin kamu cari
  3. Klik ‘Cari Lowongan’, klik salah satu lowongan, maka akan muncul informasi mengenai deskripsi pekerjaan, persyaratan, dll.
  4. Klik “Lamar Sekarang” dan tunggu notifikasi proses selanjutnya dari perusahaan

Lowongan yang tersedia bervariasi jenisnya, mulai dari pekerja full time, part time, dan daily worker. Lebih dari 700.000 kandidat telah melakukan pencarian kerja di platform kami.

Kesimpulan

Dalam mencari informasi lowongan pekerjaan sesuai minat dengan JobStreet Express, langkah-langkah yang telah dijelaskan dapat menjadi panduan yang berguna. Mulai dari memahami minat dan tipe pekerjaan yang diinginkan, membuat profil pekerjaan yang jelas, hingga memanfaatkan fitur-fitur seperti filter pencarian, seperti filter tipe pekerjaan, relevansi/tanggal, dan jarak. Semua langkah tersebut bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan relevansi pencarian.

Selain itu, berkonsultasi dengan kerabat dan pekerja yang sudah berada di industri yang diinginkan, serta menggunakan kata kunci yang relevan dan memahami budaya perusahaan, juga menjadi kunci dalam menemukan pekerjaan yang sesuai. Dengan kesabaran dan ketelitian, proses pencarian pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien dan berhasil.

F.A.Q

Bagaimana cara menemukan info lowongan kerja impian di JobStreet Express? 

Isi profil dengan lengkap dan sesuai passion serta minat kamu. Selanjutkan gunakan fitur filter untuk sortir lowongan kerja sesuai yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk aktifkan notifikasi, untuk mendapatkan info lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan profil kamu.

Apa saja tips & trik yang dapat dilakukan dalam mencari info loker sesuai minat dengan JobStreet Express?

Banyak sekali tips & trik yang bisa kamu lakukan. Mulai dari memahami minat dan tipe pekerjaan yang kamu inginkan, profil pekerjaan yang jelas, memperbarui profil berkonsultasi dengan kerabat, berkonsultasi dengan pekerja tersebut, menggunakan kata kunci yang relevan

Apa keuntungan membuat profil pekerjaan yang menarik dan jelas di JobStreet Express?

Dengan membuat profil pekerjaan yang menarik dan jelas, kamu akan menarik perhatian perusahaan yang sedang mencari kandidat sesuai dengan profil kamu. Selain itu, kamu akan menonjol di antara kandidat lainnya.

PT JOBSTREET INDONESIA

RDTX Place, lt 45 Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav 3, Satrio, Jakarta Selatan

Leave A Reply

Your email address will not be published.