Take a fresh look at your lifestyle.

55 Desa di Sukabumi Kekeringan dan Kesulitan Air Bersih

0 7
55 Desa di Sukabumi Kekeringan dan Kesulitan Air Bersih

Ilustrasi kekeringan

Sukabumi  – Sebanyak 55 Desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dikabarkan mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sudah ada wilayah yang kategori parah.

“55 Desa tersebut berada di 24 kecamatan yang tersebar baik di wilayah selatan maupun utara Kabupaten Sukabumi,” kata Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi,  Yana Rusyana di Sukabumi, Selasa.

Adapun beberapa kecamatan yang mengalami kekeringan seperti Kecamatan Warungkiara, Bantargadung, Palabuhanratu, Cireunghas, Cisolok, Cibadak, Cikakak dan lain-lain.

Untuk membantu warga yang mengalami kekeringan tersebut, BPBD sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti PDAM, relawan, PMI, Polres Sukabumi dan beberapa lembaga lainnya.

Dari puluhan desa yang mengalami kekeringan tersebut ada yang sudah masuk kategori parah, sedang, ringan dan rawan. Selain itu, warga tidak hanya sulit mencari air bersih, tetapi beberapa lahan pertanian sudah mengalami kekeringan.

“Kami berupaya melakukan penanggulangan agar bencana kekeringan ini tidak meluas, maka dari itu seluruh stakeholder yang bersangkutan agar turun tangan ikut membantu dan mencarikan solusi yang tepat,” tambahnya.

Yana mengatakan penanganan sementara untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih yakni dengan cara memasok air ke setiap daerah dengan menggunakan truk tangki. Penyaluran air bersih ini juga dibantu oleh Polres Sukabumi dan PMI Kabupaten Sukabumi.

Sementara, untuk penanggulangan lahan pertanian yang kekeringan, pihaknya mengupayakan sistem pompanisasi yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian setempat. Namun, upaya itu bisa dilakukan jika di sekitar lahan pertanian masih ada sumber air seperti sungai dan lain-lain. (ant)

TAGS : Desa Kekeringan Menteri Desa Sukabumi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22008/55-Desa-di-Sukabumi-Kekeringan-dan-Kesulitan-Air-Bersih/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments