Take a fresh look at your lifestyle.

53 Santri Asal Banyumas – Cilacap Mudik, Disterilkan Sebelum Sampai Rumah

0 1
53 Santri Asal Banyumas - Cilacap Mudik, Disterilkan Sebelum Sampai Rumah

Puluhan Santri Dicek kesehatannya sebelum Pulang Ke Rumah

Banyumas – Lima Puluh Santri dari Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri Jawa Timur asal Banyumas – Cilacap mendapatkan pengecekan kesehatan dan edukasi dari Tim Posko Kesehatan Jatilawang, Banyumas di Alun- alun Jatilawang.

Sebelum tiba di rumah, para santri di periksa tenaga medis dengan alat ukur suhu tubuh dan dilakukan penyemprotan disenfektan serta diajak berjemur bersama selama 15 menit. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid-19)

“Alhamdulillah, kondisi para santri sehat, tapi ketika tiba dirumah,” kata Ketua Tim Gus Dulloh Center, Ahmad Zainudin Abbas (Gus Abas), di lokasi, Rabu (01/04/2020).

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Jatilawang, Dr. Tulus Budi meminta para santri setelah sampai dirumah, tetap mengikuti protokol kesehatan sesui anjuran pemerintah.

Santri yang dirumah agar isolasi diri selama 14 hari kedepan, jaga kesehatan, makan yang banyak dan bergizi serta istirahat yang cukup dan olahraga,” kata Tulus Budi.

Senada dengan Tulus Budi, Perwakilan pemerintah Kecamatan Jatilawang, Wahyu menyampaikan agar para santri selalu menjaga kesehatan ketika sampai dirumah.

“Selalu jaga kesehatan, jaga pola makan, istirahat yang cukup serta kalau ada keluhan segera laporkan ke satgas covid setempat atau bidan desa supaya segera di sampaikan ke puskesmas dan camat mengetahuinya,” kata Wahyu.

Sementara itu, Perwakilan Koramil Jatilawang, Cipto juga meminta para Santri yang baru pulang ke rumah agar segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

“Bagi santri yang baru pulang agar berkoordinasi dengan RT, RW, desa setempat lalu mengisolasi diri selama 14 hari kedepan,” kata Cipto.

Dilokasi yang sama, Perwakilan dari Polsek Jatilawang, Kuswanto mengatakan wilayah Banyumas kini sudah menerapkan jam malam untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Untuk itu, dia berpesan kepada para santri yang baru pulang ke kampungnya agar mentaati aturan tersebut.

“Polisi akan berpatroli tiap malam masuk gang gang dan kampung kampung serta desa desa,” katanya.

Pada kesempatan ini, Ketua Himasal Banyumas ( Himpunan Alumni santri lirboyo asal Banyumas), Kyai Manafi setia budi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat pada kegiatan tersebut.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kelancaran kepulangan Santri Lirboyo asal Banyumas dan Cilacap,” ucap dia.

Hadir dalam acara pengecekan itu yakni, Perwakilan dari Kecamatan Jatilawang, Wahyu, Koramil Jatilawang, Cipto, Perwakilan dari Polsek Jatilawang, Kuswanto dan perwakilan Puskesmas Jatilawang, Dr. Tulus Budi dan tujuh tenaga medis serta Pramuka Pramuka MA Al Falah Jatilawang.

TAGS : Santri Disinfektan Jatilawang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/69880/53-Santri-Asal-Banyumas—Cilacap-Mudik-Disterilkan-Sebelum-Sampai-Rumah/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments