Take a fresh look at your lifestyle.

5 Pilihan Web Server Gratis untuk Perkembangan Website

0 13

Sebagai pemilik sekaligus pengelola sebuah website tentunya Anda tidak asing dengan istilah web server bukan? Apakah Anda sudah menemukan web server gratis yang sesuai dengan kebutuhan? Web server ialah sebuah software yang memberikan layanan dengan basis data dan memiliki fungsi untuk menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien dan mengirimkan kembali hasilnya kepada klien.

Fungsi utama dari web server sendiri ialah untuk mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi baik dalam bentuk halaman web atau dokumen html. Web server adalah salah satu komponen pendukung untuk deployment sebuah website. Anda perlu tahu ulasan di bawah ini mengenai pilihan web server yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu local web server.

Baca juga : web server murah terbaik hanya disini

 

1. AMPPS

Apa itu AMPPS? AMPPS merupakan salah satu web server gratis terbaik yang dibuat dan dikembangkan oleh Softaculous. AMPPS tentunya sudah dilengkapi oleh beberapa hal meliputi Apache, MySQL, PHP serta beberapa aplikasi lainnya yang sudah dibentuk dalam satu package. AMPSS sendiri dalam hal control panel databasenya, sudah dilengkapi dengan PhpMyAdmin dan juga SQL Lite Manager.

AMPPS kini tersedia di Operating System seperti Microsoft Windows, MAC OS X serta Linux. Keunggulan yang dimiliki oleh AMPPS ialah ia juga merupakan server Phyton, selain itu AMPPS juga termasuk dalam Local Domain, artinya proyek yang Anda miliki dapat disimpan dimana saja Anda kehendaki. Kemudian lainnya yaitu terdapat fitur MysSQLLite Explorer untuk mengurus database yang Anda miliki.

 

Ampps Logo

 

2. Bitnami Stack

Bitnami Stack ialah sebuah web server yang menawarkan serta menyediakan berbagai paket instalasi aplikasi berbasis web yang sifatnya ialah open source. Jika Anda ingin menggunakan web server gratis yang satu ini, Anda dapat menginstallnya di komputer Local atau juga di Cloud Server. Pretashop, OwnCloud, Drupal, Joomla, WordPress dan lainnya ialah merupakan CMS dan aplikasi Open Source yang tersedia di Bitnami Stack.

Saat dalam proses installasi, Bitnami Stack akan menyertakan sebuah MySQL database untuk mengelola database Anda dan phpMyAdmin sebagai interface untuk mengelola via interface Mysql Database agar proses mengelola menjadi lebih mudah. Bitnami juga menyediakan berbagai platform secara terpisah yang berbasis seperti Ruby On Rails, Java, Tomcat, Jboss dan lainnya.

 

Bitnami Logo

 

 

3. XAMPP

Tentu untuk web server gratis yang satu ini sebagian dari Anda para pengguna hosting Indonesia sudah tidak asing lagi dengan XAMPP. XAMPP sendiri dikembangkan oleh tim proyek yang bernama Apache Friends, terdiri dari Core Team atau Tim Inti, ada Development Team atau Tim Pengembang dan juga Support Team. XAMPP sendiri juga terdiri dari dua program yaitu MySQL database dan Apache HTTP Server.

Jika Anda ingin menggunakan XAMPP, installasinya pun tidak sulit jika dilakukan sendiri. XAMPP juga memiliki keunggulan yang perlu Anda ketahui, yaitu mudah untuk dioperasikan serta dapat dijalankan secara portable. XAMPP sendiri merupakan salah satu aplikasi web server dengan jumlah pengguna di dunia yang tentunya cukup banyak. Tertarik untuk mencobanya?

Xampp Logo

 

4. EasyPHP

Apa itu EasyPHP? EasyPHP sendiri merupakan salah satu web server gratis yang dapat kamu gunakan. Merupakan salah satu software antarmuka WAMP, kepanjangan dari Windows Apache MySQL PhpMyAdmin yang dapat menjalankan sebiah CMS website berbasis SQL di Local Host Windows secara offline, software ini rupanya mampu membantu dalam pengetesan CMS Sebelum diupload ke Web Hosting.

Fitur-fitur atau keunggulan yang dapat Anda temukan ketika menggunakan EasyPHP ini ialah, tentu EasyPHP mudah digunakan, kemudian Konfiurasi IP dan firwewall yang cukup mudah, selain itu juga mudah untuk mengkonfigurasi port, extensions serta timezone. EasyPHP juga merupakan sebuah aplikasi web server portable, yaitu artinya sendiri dapat digunakan pada media portable seperti Flashdisc, Externa; HDD dan lainnya.

EasyPHP Logo

 

5. WAMPServer

Apakah Anda mengetahui web server gratisyang satu ini? WAMP Server merupakan salah satu paket instalasi all in one yang terdiri dari Windows, Apachem MySQL serta PHO yang semuanya sudah saling terintegrasi. Teridiri dari dua versi yaitu untuk Operating System Microsoft Windows versi 32 bit dan 64 bit, WAMP Server nyatanya gratis untuk di unduh oleh semua kalangan dan tentunya di bawah lisensi GPML.

Fitur dan keunggulan yang dapat Anda temukan di WAMP Server ialah dapat memanage MySQL dan Apache service, kemudian Anda juga dapat mengupdate Apache, PHP dan MySQL versi terbaru, serta fitur lainnya. WAMP Server sendiri merupakan web server berbasis windows yang dapat menginstall WordPress secara lokal di Personal Computer milik Anda.

WampServer Logo

 

Diatas tersebut merupakan ulasan dari kelima web server gratis yang dapat Anda gunakan di Laptop atau PC Anda. Sebelum memilih mana yang akan Anda gunakan, sebaiknya pastikan dahulu apa fitur dan keunggulan yang Anda butuhkan untuk melengkapi dan menjalankan website Anda, tentu itu semua dilakukan untuk memaksimalkan web server yang ternyata cocok untuk Anda gunakan.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x