Take a fresh look at your lifestyle.

2 Cara Menutup Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

0 12

Cara Menutup Akun Instagram – IG atau Instagram salah satu platform media sosial yang paling populer dan juga banyak digunakan. Kebanyakan fitur menarik yang ditawarkan oleh Instagram membuatnya semakin populer untuk semua kalangan baik remaja maupun dewasa. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk membagi momen bahagia, sedih dapat mengirim gambar, video, live Instagram dan IGTv serta Instagram stories.

Tetapi, munculnya Instagram juga membawa positif dan negatif untuk penggunanya. Ada sekitar 580.000 anak mencoba untuk melakukan bunuh diri akibat pergaulan yang ada di media sosial. Kemudian, dikuatkan oleh data WHO bahwa ada banyak remaja yang terganggu kepribadiannya dan juga menganggu aktifitas sehari-harinya. Sebenarnya bisa tidak sih, kita mencari tahu cara tutup akun ig?

Baca Juga : 13 Aplikasi Mesum Menurut Google Play Store

Alasan ini juga menjadi penyebab kenapa anda harus menghapus atau menonaktifkan social media salah satunya Instagram. Alasan lainnya dapat berupa jenuh atau alasan personal lainnya yang dapat menganggu kehidupan sehari-hari.

Cara Menutup Akun Instagram
sumber foto: unsplash/anthonytran

Ada beberapa alasan yang membuat kenapa anda menghapus akun anda, selain alasan-alasan diatas:

Tidak bahagia

Ketika membuka Instagram, anda bisa melihat apapun atau memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Tetapi, untuk beberapa waktu, anda tidak bahagia lagi membuka Instagram dan anda ingin meninggalkan itu. Biasanya anda akan merasa lelah dengan aktivitas yang sama seperti beberapa menit buka handphone atau laptop untuk melihat update feed dan snapgram terbaru.

Merasa dekat dengan orang banyak, padahal tidak!

Hal positif dari Instagram adalah anda dapat mengenal orang baru dimanapun. Semakin banyak orang yang anda tahu semakin banyak anda sulit untuk memahami bagaimana orang-orang itu. Apalagi ada banyak modus penipuan saat ini terutama di sosial media. Orang yang ada di Instagram tidak memperlihatkan sisi hidupnya secara rinci pasti hanya ada beberapa.

Hati-hatilah saat berkenalan dengan orang yang baru dikenal melalui Instagram. Karena trauma pernah di tipu atau lainnya, ini juga akan menjadi alasan kenapa anda menghapus Instagram baik permanen maupun sementara.

Butuh Istirahat dari Sosial media 

Terkadang anda menghabiskan banyak waktu untuk membagi apapun yang anda lakukan di sosial media seperti membaca berita, melihat yang lagi up to date dan sebagainya. Sehingga tidak ada lagi privasi dan terdapat panggilan impulsive, sehingga Instagram menjadi tempat yang sudah tidak nyaman lagi. Bukan berarti karena alasan ini anda akan menonaktifkan semua sosial media yang anda miliki. Anda mungkin hanya menonaktifkan Instagram dan tetap bermain twitter atau lainnya.

Cara Menutup Akun Instagram
sumber foto: unsplash/tjump

Patah hati

Alasan selanjutnya juga bisa menjadi penyebab kenapa anda memilih untuk menonaktifkan Instagram anda, anda sedang berada di hubungan yang tidak baik bersama kekasih anda. Sehingga menghindari itu semua keputusan yang terbaik adalah menghapus akun atau memblokir akun Instagram anda.

Dengan menghapus Instagram, anda akan menghindari pertanyaan-pertanyaan seputar kekasih anda dan juga sudah tidak memiliki akses yang berkaitan dengannya. Jadi, anda akan sedikit mengobati hati anda yang sedang terluka karena masalah hubungan.

Ingin berkontribusi di dunia nyata

Sosial media hanya untuk mengisi waktu senggang, apabila waktu itu digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Mungkin akan lebih baik.

Mudah tergiur dengan yang ada di Instagram

Hal yang tidak bisa dihindari adalah memikirkan bahwa anda mempunyai keinginan yang sebenarnya tidak penting untuk anda. Ada banyak wish list di Instagram yang akan membuat anda tergiur. Instagram adalah sosial media yang akan memperlihatkan banyak sisi kehidupan dari orang-orang mulai dari pakaiannya yang branded, barang-barang yang dimiliki, belum lagi olshop yang berusaha untuk menggunakan promosikan barang atau produknya di Instagram.

Hal ini juga akan membuat anda tergiur dengan apa yang ada di Instagram. Anda tidak perlu itu dan tidak penting atau manfaat. Itu akan menjadi mubazir juga. Tentu anda butuh untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghapus atau menonaktifkannya.

Hal yang pertama harus diperhatikan, anda harus memastikan bahwa anda mencatat passwordnya atau anda bisa menyimpan foto-foto yang ada di Instagram anda. Yakinkan diri kamu apakah ini adalah keputusan yang terbaik atau bukan. Ada beberapa cara untuk tutup akun ig atau cara delete akun Instagram.

Baca Juga : Cara Menggunakan Whatsapp Web di PC dan Browser Android

Ada dua pilihan yang bisa anda putuskan untuk tidak lagi menggunakan Instagram yang pertama menghapus dan tidak akan digunakan lagi atau bahkan suatu saat anda ingin menggunakannya kembali. Jadi, anda hanya akan menghapus akun untuk sementara waktu.

Cara Menutup Akun Instagram

Cara Menutup Akun Instagram

2 cara menghapus akun Instagram secara permanen

Kadangkala anda menghadapi masalah media sosial yang dapat menganggu privasi anda, sehingga anda memutuskan untuk menghapus akun Instagram selama-lamanya. Atau bahkan alasan lain anda ingin membuat akun baru sehingga akun lama sebaiknya dihapus. Segala konten yang sudah anda upload seperti foto atau video juga akan ikut terhapus.

Ada dua cara untuk menghapus Instagram secara permanen yang pertama menghapus melalui perangkat komputer atau desktop yang kedua adalah menghapus melalui smartphone. Selain itu juga anda harus mengetahui bagaimana cara menonaktifkan akun ig anda.

Cara hapus akun Instagram melalui perangkat komputer atau laptop

Cara pertama ini anda bisa memanfaatkan perangkat komputer atau laptop untuk menghapusnya dengan langkah-langkah berikut yang bisa anda ikuti:

  1. Anda harus masuk ke halaman Instagram
  2. Kemudian pergi ke situs help.instagram.com. ini adalah langkah awal untuk mulai menghapus akun.
  3. Ada banyak pilihan yang akan muncul, pilihan mengelola akun anda
  4. Kemudian, pilihlah menu hapus akun anda pada tampilan yang muncul.
  5. Ada dua opsi yang akan muncul, pilihlah bagaimana cara menghapus akun saya?
  6. Dari pilihan tersebut, anda akan diminta memilih lagi dan pilihlah pilihan nomor satu yaitu halaman menghapus akun anda.
  7. Jangan lupa untuk menyertakan alasan kenapa anda ingin menghapus akun Instagram anda.
  8. Langkah terakhir, anda diminta untuk memasukkan kata sandi atau password Instagram. Kemudian klik permanently delete my account atau hapus akun saya secara permanen. Akun anda akan otomatis terhapus.

Cara menghapus akun Instagram melalui smartphone atau ponsel

Akan lebih ribet jika anda menghapus melalui laptop atau komputer, anda lebih sering menggunakan atau mengunduh Instagram di Ponsel anda sehingga anda harus mengetahui bagaimana cara menghapus akun Instagram melalui ponsel. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuklah ke aplikasi Instagram yang sudah kamu install sebelumya. Masuk profil Instagram.
  2. Kemudian terdapat ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas di akun Instagram.
  3. Ada banyak pilihan yang muncul, pilihlah help center
  4. Kamu akan langsung menuju ke situs help.Instagram.com.
  5. Ada banyak pilihan yang akan muncul, pilihan mengelola akun anda.
  6. Kemudian, pilihlah menu hapus akun anda pada tampilan yang muncul.
  7. Ada dua opsi yang akan muncul, pilihlah bagaimana cara menghapus akun saya?
  8. Dari pilihan tersebut, anda akan diminta memilih lagi dan pilihlah pilihan nomor satu yaitu halaman menghapus akun anda.
  9. Jangan lupa untuk menyertakan alasan kenapa anda ingin menghapus akun Instagram anda seperti masalah privasi, ingin membuat akun kedua atau lainnya.
  10. Kemudian anda diminta untuk memasukkan kata sandi atau password Instagram. Kemudian klik permanently delete my account atau hapus akun saya secara permanen. Akun anda akan otomatis terhapus dan foto atau video juga akan ikut terhapus.

Selain itu anda juga akan mengetahui bagaimana cara menonaktifkan instagram sementara atau ingin mempelajari bagaimana cara memblokir instagram.

 

2 Cara menonaktifkan akun Instagram sementara

Diatas sudah dijelaskan bagaimana cara menghapus akun Instagram secara permanen, berikut akan dijelaskan dua cara untuk menonaktifkan akun yang sifatnya hanya sementara. Sehingga anda bisa menggunakan akun tersebut kembali kapanpun yang anda inginkan. Waktunya akan tergantung dengan kesiapan diri anda.

Cara menonaktifkan akun Instagram sementara melalui laptop

Jika anda merasa jenuh dan ingin menonaktifkan akun Instagram, anda bisa memilih untuk hanya menonaktifkan sementara sehingga kapanpun anda bisa mengaktifkannya kembali. Untuk menghapus akun IG sementara biasanya dapat dilakukan dengan dua cara, sama seperti menghapus akun secara permanen. Bisa dilakukan melalui perangkat komputer atau laptop bisa juga melalui ponsel. Langkah-langkahnya juga hampir sama dan mudah diikuti:

  1. Pertama anda membuka aplikasi Instagram yang ada di laptop dengan cara login ke akun Instagram.
  2. Setelah berhasil masuk ke beranda, pilih menu yang ada di profil yaitu edit profil yang berada di sebelah kanan bawah.
  3. Kemudian akan muncul pilihan untuk menonaktifkan sementara akun saya yang juga terletak di sebelah kanan bawah.
  4.  Anda hanya perlu mengisi alasan kenapa anda memutuskan untuk menonaktifkan akun dan masukkan juga kata sandi atau password. Ada 9 alasan yang akan ditampilkan salah satunya adalah khawatir tentang keamanan data dan terjadi kecemasan terhadap privasi.
  5. Kemudian pilihlah akun dinonaktifkan sementara atau temporarily disabled account. Akun anda akan terhapus sementara waktu dan jangan lupa untuk mencatat username dan password untuk digunakan login kembali nantinya. 

Cara menonaktifkan akun Instagram sementara melalui handphone

Anda juga bisa menghapus akun untuk sementara waktu melalui handphone, langkah-langkahnya juga mudah dipahami:

  1. Pertama loginlah terlebih dahulu dengan memasukkan nama pengguna dan juga kata sandi akun anda.
  2. Setelah masuk, pilih menu profil yang berada di pojok sebelah kanan bawah
  3. Maka akan muncul tampilan dan juga anda klik edit profil
  4. Pilihlah untuk menonaktifkan sementara akun saya yang ada di pojok kanan bawah
  5. Kemudian terdapat beberapa alasan kenapa anda harus menghapus Instagram anda.
  6. Setelah memilih alasan yang tepat untuk anda, masukkan kata sandi kembali untuk mengkonfirmasi keinginan anda dalam menghapus akun anda untuk sementara waktu.
  7. Jika sudah selesai semua langkahnya, anda akan secara otomatis tidak aktif untuk sementara waktu.

Penting: dengan menonaktifkan akun instagram anda untuk sementara waktu, anda dapat melakukan pengaktifan kembali denganc cara login seperti biasa dengan menggunakan username dan juga kata sandi yang digunakan untuk mendaftar pertama kali. Biasanya setelah mengaktifkan kembali akun Instagram, anda harus menunggu 7 hari- 2 minggu untuk dapat digunakan kembali.

Tetapi, tidak semua mendapatkan informasi ini, jika ada maka akun anda sementara tidak bisa digunakan kembali. Oleh karena itu pikirkan ulang untuk menghapus Instagram anda. Anda harus mempunyai alasan yang kuat mengapa anda menghapus akun anda.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of