Take a fresh look at your lifestyle.

18 Negara Peringati Hari Republik Turki

0 3
18 Negara Peringati Hari Republik Turki

Bendera bulan dan bintang berlatar merah berkibar sepanjang jalan menyambut Hari Republik Turki (Foto: Anadolu Agency)

Riyadh – Pemerintah Arab Saudi, Bahrain dan Oman mengucapkan selamat kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan atas Hari Republik Turki yang ke-95.

Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz dan putranya Putra Mahkota Mohammad Bin Salman mengirim dua telegram ucapan selamat kepada Erdogan dan warga Turki. Kedunya berharap negara itu lebih maju dan sejahtera.



Raja Bahrain Hamad Bin Issa, Putra Mahkota nya Salman Bin Hamad dan Perdana Menteri Pangeran Khalifa Bin Salman juga mengirim pesan ucapan selamat kepada Erdogan. Raja Bahrain berharap kesehatan yang baik untuk Erdogan dan warga Turki, serta lebih banyak keunggulan dan kemajuan.

Sultan Qaboos Bin Said dari Oman juga memberi selamat kepada Erdogan dan warga. Ia berharap lebih banyak kemajuan dan kemakmuran bagi Turki dan rakyatnya.

Beberapa pemimpin internasional lainnya, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, juga mengucapkan selamat kepada Erdogan pada peringatan tersebut.

Lebih dari 50 pejabat asing dari setidaknya 18 negara, termasuk Republik Turki Siprus Utara, Makedonia, Moldova, Pakistan, Serbia, Sudan, Bosnia, Bulgaria, Republik Demokratik Kongo, Slovenia, Georgia, Iran, Satuan Wilayah Otonomi Independen Gagauzia dan Inggris menghadiri upacara tersebut.

Proklamasi resmi Republik Turki oleh Ataturk berlangsung pada 29 Oktober 1923. Pemungutan suara kemudian digelar di Majelis Nasional dan Ataturk terpilih sebagai presiden pertama Republik Turki dengan suara bulat. Sejak itu, Turki merayakan Hari Republik setiap tahun pada 29 Oktober.

Sekedar diketahui, pada peringatan kali , Erdogan juga meresmikan Bandara Istanbul, salah satu bandara terbesar di dunia, dan merupakan simbol kebesaran dalam catatan sejarah negara tersebut.(Memo)

TAGS : Hari Republik Turki Negara Islam

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43010/18-Negara-Peringati-Hari-Republik-Turki-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments