Take a fresh look at your lifestyle.

10 Manfat Blogging untuk Blogger

0 26

Blogger adalah salah satu platform untuk membuat blog, sedangkan blog adalah bagian dari website yang biasanya berisi konten artikel yang penampilannya berurutan. Istilah blog umumnya merujuk pada aktivitas menulis secara online, baik melalui website buatan pribadi atau melalui CMS semacam WordPress ataupun Blogger. Untuk kegiatan membuat konten artikel atau postingan tersebut disebut dengan Vlogging.

Umumnya blog berisi jurnal pribadi, seperti catatan harian, keluh kesah, karya dan opini terhadap sesuatu permasalahan. Namun ada juga blog yang berisi konten tertarget, misal blog yang membahas SEO, teknologi, kesehatan, pendidikan, dan lain lain. Pada kesimpulannya seorang blogger menulis di blog mempunyai 2 tujuan, yaitu hanya hobi dan membuat konten tertarget yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah baik dari periklanannya, penjualan atau afiliasi.

Blog adalah Web sederhana yang dapat dibuat oleh banyak orang, blog sendiri di desain sangat mudah dan berharap dapat dimanfaat oleh banyak orang. Berikut adalah 10 manfaat dari blogging yang dapat diperoleh blogger.
 

1. Mengasah Kemampuan Menulis

 

Mengasah Kemampuan Menulis
Photo by Nick Morrison on Unsplash
 
Di dalam blog kita bebas untuk menuliskan apapun, baik itu tentang curhatan pribadi, keluh kesah, catatan-catatan kecil, pengalaman pribadi atau pun hal-hal lain yang bersifat personal sepanjang itu tidak melanggar aturan norma atau hukum di negara masing-masing. Menuangkan apa yang diketahui seperti diatas ke dalam bentuk tulisan bukan hal mudah. Ada kaidah yang perlu diikuti untuk membuat tulisan itu menjadi baik seperti menggunakan bahasa yang baik. Cara supaya bisa seperti itu, yaitu dengan selalu membaca dan mempelajari tata bahasanya sehingga bisa membuat anda bisa menulisan dengan baik. Menulis yang baik bukan proses yang instan, memerlukan waktu dan selalu berlatih.
 

2. Sarana Bertukar Informasi

 

Pelajari Pasar Bisnis Anda
Photo by Austin Distel on Unsplash
 
Artikel yang berkualitas dan sarat dengan informasi yang bermanfaat tentu akan banyak dicari orang. Bila Anda mampu menyajikan artikel yang seperti ini, akan ada pengakuan bahwa Anda adalah pernulis artikel berkualitas. Informasi lain berikutnya dari Anda melalui artikel akan selalu dinanti oleh banyak orang. Jika kita mempunyai keahlian dalam satu bidang, tidak ada salahnya untuk membagikan ilmu tersebut melalui media blog, Agar apa yang anda miliki dapat dilihat dan menginspirasi banyak orang.
 

3. Mengekspresikan Pikiran dan Ide

 

Menganalisa Pesaing Bisnis 
Photo by John Schnobrich on Unsplash
 
Artikel tentang tema yang sama bisa uraikan dan disajikan dengan cara yang berbeda. Semua itu tergantung dari pikiran dan ide yang ada pada penulisnya. Tulisan dalam artikel adalah cara terbaik untuk mengekspresikan diri Anda sendiri dan membiarkan orang lain mengetahui pikiran dan ide Anda. Anda bebas mengekspresikan melalui kata, gambar, suara dan multimedia lain.
 

4. Menjadi Seorang Ahli

 

5 Peran Profesional Berkarir di Dunia Pendidikan
Photo by Hunters Race on Unsplash
 
Tidak semua bidang harus memiliki pendidikan tinggi untuk menjadi seorang ahli. Bila anda ingin menguasai teknik dari SEO, anda dapat belajar dari banyak sumber yang ada. Kemudian anda dapat menuangkan apa yang sudah anda ketahui di dalam tulisan artikel yang anda buat. Anda akan memiliki kredibilitas dan menjadi ahli SEO bila artikel anda memberi informasi yang berkualitas, faktual, terkini dan serta solusi.
 

5. Membantu Orang lain dan Mendapatkan Pengaruh

 
The Legends of Blue Sea
 
Banyak orang mencari artikel online di internet untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang muncul atau informasi lengkap yang ingin diketahui. Bila artikel Anda mampu memberikan jawaban atas pertanyaan atau dapat memberikan informasi yang ingin diketahui, Anda sudah membantu banyak orang. Dan seorang blogger dapat memiliki banyak pengikut, orang-orang yang menyukai, mempercayai dan menghormati. Untuk semua ini, Anda perlu menjadi seorang blogger yang sukses yang tentu saja tidak akan bisa dicapai dalam sekejap. Jika Anda ingin mendapatkan pengaruh atau ingin menjadi orang penting, aktivitas blogging adalah salah satu cara yang bisa mewujudkannya.
 

6. Belajar Hal-Hal Teknis

 

Belajar Hal-Hal Teknis
Photo by Lee Campbell on Unsplash
 
Blogging tidak hanya dilakukan oleh mereka yang memiliki latar belakang lulusan IT atau komputer, tetapi juga mereka yang sebelumnya awam dengan dunia IT atau komputer. Bila ada keinginan untuk mempublikasikan artikel, mereka perlu belajar salah satu platform membuat blog dan juga dasar-dasar bahasa web seperti HTML dan CSS yang nantinya akan membantu memperlancar publikasi artikel online.Dengan demikian, mereka dituntut untuk mempelajari hal-hal teknis yang terkait dengan web. Kehadiran platform Blogger dan beberapa CMS seperti WordPress dan Joomla yang lebih mudah dipelajari oleh mereka yang awam turut memberi andil dalam mewujudkan keinginan untuk bisa mempublikasikan artikel secara online sehingga dapat diakses lebih banyak orang dengan lebih mudah.
 

7. Meningkatkan Kemampuan SEO

 

Meningkatkan Kemampuan SEO
Photo by Kaleidico on Unsplash
 
Blogging dan SEO adalah dua hal yang saling berkaitan. Ada banyak artikel online yang membahas tema yang sama. Anda tentu tidak ingin sia-sia membuat artikel tanpa bisa ditemukan atau diketahui banyak orang karena kalah bersaing dengan artikel lain. Oleh karena itu, Anda perlu memperdalam dan menerapkan SEO agar artikel bisa bersaing, meningkatkan visibilitasnya agar mudah ditemukan oleh siapapun.
 

8. Menambah Wawasan Sehingga Pikiran Menjadi Lebih Fokus

 

Menambah wawasan
Photo by Kaleidico on Unsplash
 
Setiap penulis artikel harus memiliki wawasan luas, khususnya yang terkait dengan topik artikel yang ditulisnya. Membaca adalah salah satu upaya untuk menambah wawasan. Dengan ini diharapkan bahwa Anda tidak akan kekurangan ide tulisan, tetap produktif menulis artikel dan artikel yang dibuat tetap berbobot dan mempunyai manfaat. Dalam hal menambah wawasan anda juga membuat pikiran anda dilatih menjadi lebih fokus, Ketika Anda sedang membuat artikel, Anda mencurahkan semua pikiran Anda agar artikel yang dihasilkan bagus. Anda mencoba menghalau hal-hal lain yang muncul untuk bisa menuangkan apapun yang ada di benak Anda ke dalam artikel dan mencoba untuk menyelesaikan artikel tepat waktu.
 

9. Memperluas Jaringan

 

Memperluas Jaringan
Photo by Austin Distel on Unsplash

Artikel online Anda bisa menjadi perhatian banyak orang bila artikel tersebut berkualitas dan sarat dengan informasi. Kredibilitas sebagai penulis artikel berkualitas dapat menghantarkan Anda untuk diundang pada seminar atau ceramah yang terkaitan dengan topik yang Anda kuasai. Keuntungan dari ini adalah jaringan Anda akan menjadi semakin luas.
 

10. Sarana Berbisnis

 

Sarana Berbisnis
Photo by Kaleidico on Unsplash
 
Ini salah satu motivasi banyaknya blogger baru bermunculan. Namun, kenyataannya memang demikian bahwa blogging bisa memberikan penghasilan online. Bila artikel online jumlahnya sudah memadai, anda dapat mengdaftarkan blog untuk mengikuti program PPC. Salah satu program PPC terbaik adalah Google AdSense. Anda dapat menayangkan iklan Google AdSense di blog dan mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut. Selain itu kita bisa mempromosikan produk kita dengan halaman penawaran semenarik mungkin agar orang tertarik hingga melakukan pembelian.

Itulah 10 manfat blogging untuk blogger yang perlu anda ketahui. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membuat blog dan menjadi seorang blogger terkenal?
 
Untuk membuat artikel anda berada di ranking satu google sehingga blog anda mendapatkan pengunjung yang banyak, maka diperlukan adanya optimasi. Strategi optimasi dengan link building dilakukan 90% internet marketer di dunia yaitu menggunakan Backlink untuk menaikkan ranking website/blog di mata mesin pencari. Bila Anda telah menaklukkan Google dan menempati halaman depan maka otomatis Anda akan mendapatkan jumlah pengunjung yang naik berkali-kali lipat. Mendapatkan High Traffic adalah impian seluruh pemilik website/blog komersial karena traffic mendatangkan action dan konversi. Selama ini, ada dua metode yang dipakai untuk mendapatkan backlink yakni whitehat dan blackhat. Contoh whitehat seperti tukar-menukar link, mengisi komentar, blogwalking, share ke sosial media, dan lain-lain. Cara ini aman tetapi butuh ketekunan untuk mengerjakan step by step memasukkan URL kesana sini secara berulang-ulang dan memakan waktu yang cukup lama melihat hasil optimasinya. Blackhat sendiri adalah metode ilegal memperoleh backlink dengan cara yang tidak disukai Goole misalnya link farming, dummy blog, article spinning dan masih banyak lagi. Hasilnya memang terlihat tetapi tidak akan berlangsung lama, algoritma Google selalu diperbaharui untuk mengeliminasi website/blog yang memakai metode blackhat. Sehingga cara ini tidak direkomendasikan karena sangat beresiko membuat website/blog Anda ditendang Google. Bagaimana caranya mendapatkan backlink berkualitas? https://rajabacklink.com adalah solusi bagi Anda pencari backlink berkualitas dan aman, jasa backlink berkualitas dan terpercaya. Kini mencari Jasa backlink semudah berbelanja online, Anda tinggal mencari blog-blog yang sesuai dengan spesifikasi produk yang ingin direview atau dipromosikan. Setelah dapat, maka blogger kami akan menuliskan konten yang menyertakan link Anda di dalamnya.
 
 

Sebutkan 5 manfaat blogging untuk blogger!

Mengasah kemampuan menulis, Sarana bertukar informasi, Mengekspresikan pikiran dan ide, Menjadi seorang ahli, Membantu orang lain dan mendapatkan pengaruh

Ada dua metode yang dipakai untuk mendapatkan backlink, apa saja itu?

Yakni Whitehat dan Blackhat

Bagaimana contoh Whitehat dan Blackhat?

Contoh whitehat seperti tukar-menukar link, mengisi komentar, blogwalking, share ke sosial media, dan lain-lain. Cara ini aman tetapi butuh ketekunan untuk mengerjakan step by step memasukkan URL kesana sini secara berulang-ulang dan memakan waktu yang cukup lama melihat hasil optimasinya. Blackhat sendiri adalah metode ilegal memperoleh backlink dengan cara yang tidak disukai Goole misalnya link farming, dummy blog, article spinning dan masih banyak lagi. Hasilnya memang terlihat tetapi tidak akan berlangsung lama, algoritma Google selalu diperbaharui untuk mengeliminasi website/blog yang memakai metode blackhat

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments