Take a fresh look at your lifestyle.

Waspada, Konflik Atas Nama Agama untuk Bangkitkan Sentimen

0 5
Waspada, Konflik Atas Nama Agama untuk Bangkitkan Sentimen

Ketum PPP, Romahurmuziy

Jakarta – Mayoritas konflik horizontal yang terjadi, pada umumnya dipicu konflik non agama yang diagamakan. Namun, sebagai umat beragama banyak yang terjebak dan menyederhanakan konflik horizontal sebagai konflik agama.

Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) mengatakan, bagi para pelaku konflik, menginisiasi solidaritas sosial atas nama agama adalah hal yang paling mudah untuk membangkitkan sentimen dalam rangka mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Akselerasi Reformasi Birokrasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku. Menurutnya, hal itu menjadi persoalan bagi umat beragama.

“Sebab konflik non agama yang diseret menjadi konflik keagamaan, bisa meluas tanpa batas. Bahkan bisa menembus batas negara,” kata Romi, melalui pesan singkatnya, Jakarta, Rabu (18/10).

Sehingga, dia memastikan, dibalik seluruh konflik yang diagamakan, ada faktor non agama. Namun sayangnya, banyak pihak yang terjebak dan menganggapnya sebagai konflik berbasis agama.

“Konflik horizontal juga dilatarbelakangi dengan identitas-identitas yang sama sekali bukan identitas keagamaan. Karena itu, membaca konflik horizontal harus dengan kehati-hatian,” tandasnya.

Sehingga, dia berharap masyarakat tidak mudah menganggap konflik horizontal sebagai konflik berbasis agama. Dia lalu mencontohkan ISIS yang mengatasnamakan Islam.

“Pun latar belakangnya disebabkan oleh faktor non agama, yaitu penguasaan ladang-ladang minyak. Itu yang membuat ISIS menjadi organisasi radikal yang kaya, yang menguasai sumur minyak. Bahkan, pendapatan yang diperoleh ISIS dari penguasaan minyak mencapai Rp 10 miliar per hari,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan keempat terbesar penduduknya di dunia, maka Indonesia menjadi laboraturium dari semua agama. Selain itu, semua agama yang ada di dunia juga masuk ke Indonesia dan menularkan pemahamannya.

“Salah satunya adalah Islam. Sehingga, laku dan gerak Islam di Indonesia, akan menentukan laku dan gerak Islam di dunia. Sebab, 1/8 penduduk Islam di dunia ada di Indonesia,” paparnya.

TAGS : Konflik Agama PPP Romahurmuziy Ormas

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23416/Waspada-Konflik-Atas-Nama-Agama-untuk-Bangkitkan-Sentimen/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments