Take a fresh look at your lifestyle.

UGM Larang Pejabat Negara Ceramah, Kok Bisa?

0 4
UGM Larang Pejabat Negara Ceramah, Kok Bisa?

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah

Jakarta – Larangan ceramah terhadap Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta diduga karena adanya tekanan dari pihak Istana Negara. Lantas, bagaimana bisa seorang pejabat negara dilarang untuk menyampaikan ceramah di kampus?

Fahri menegaskan, larangan untuk menyampaikan ceramah di kampus negeri tersebut tidak ada hubungan dengan Ismail Yusanto bekas jubir Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).



“Nggak ada hubungan dengan HTI. Semua orang itu jadi tidak merdeka karena ditekan penguasa. Dan itu, alasan dicari-cari,” kata Fahri, saat dikonfirmasi, di Gedung DPR, Kamis (24/5).

Hal itu menanggapi Kabag Humas dan Protokol UGM, Iva Aryani yang menyebut pencoretan Fahri dari daftar penceramah tarawih di Masjid UGM karena adanya Ismail Yusanto bekas jubir HTI.

Fahri menegaskan, alasan tersebut hanya kamuflase atau alasan yang dicari-cari. Yang jelas, lanjut Fahri. soal adanya tekanan penguasa itu justru berdasarkan pengakuan dari pihak takmir Masjid, bahwa rektorat UGM ditekan oleh para pejabat.

“Sebenarnya banyak alasan yang sampai ke saya, tapi intinya saya nggak boleh ceramah. Ada rasa takut yang sangat tinggi akibat tekanan dari luar itu. Takmir bilang terpaksa melakukannya,” terang politikus PKS itu.

Diketahui, Fahri merupakan Wakil Ketua DPR bidang Kesra dan diantara bidang Kesra itu adalah Pendidikan dan Agama.

Berdasarkan jadwal protokol DPR RI, semula Fahri Hamzah dalam kunjungan dua hari di Yogyakarta adalah bertemu Sri Sultan, dilanjutkan dua sesi di kampus yakni di UII dan UGM. Selanjutnya, acara Ngopi Bareng Fahri dan Sahur Bareng jamaah dan pengurus Masjid Jogokariyan. Seluruh agenda berjalan lancar kecuali pembatalan sepihak acara di UGM pada Senin (21/5) malam.

Berikut Kronologi yang dikonfirmasi langsung oleh tim Fahri Hamzah kepada awak media:

1. Tanggal 21 malam, sehabis acara dialog peringatan reformasi di TV swasta di Jakarta, Fahri Hamzah ditelpon takmir Masjid UGM.

1. Pada surat per tanggal 22 Februari 2018, yang isinya adalah undangan untuk Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah untuk mengisi ceramah dan dialog tarawih bulan Ramadhan 1439 Hijriyah yang dijadwalkan pada hari senin 21 Mei 2018 jam 19.00 – 22.00 WIB di masjid kampus UGM (Universitas Gadjah Mada).

2. Pihak masjid kampus UGM mempublikasikan jadwal keseluruhan penceramah di bulan Ramadhan, tidak hanya kajian Ramadhan, tapi juga kajian subuh, dan seterusnya, yang ini beredar luas juga karena berita sebelumnya bahwa ada nama Ismail Yusanto, yakni juru bicara HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) yang juga dilarang.

3. Pada tanggal 17 Mei (awal Ramadhan) pihak DPR RI menyampaikan bahwa ada permintaan perubahan jadwal kepada pihak masjid UGM, dari tanggal 21 Mei 2018 diundur ke tanggal 22 Mei 2018, hal ini disebabkan karena pada tanggal 21 Mei ada banyak sekali acara Fahri Hamzah di Jakarta, berkenaan dengan puncak peringatan 20 tahun reformasi, dan sudah diinfokan sejak awal.

4. Selain pihak masjid kampus UGM, masuk juga permintaan yang hampir bersamaan dari pihak kampus UII (Universitas Islam Indonesia), dengan judul acara “Diskusi Civitas Akademika” dimulai dari 15.30 – berbuka bersama, jadi pada awalnya, akan ada dua agenda kampus pada hari senin tanggal 21 Mei.

5. Ketika diinformasikan adanya permintaan pengunduran jadwal, penanggung jawab acara kedua kampus menyatakan ketersediaannya.

6. Pada hari Senin, sore sampai dengan malam, muncul informasi dari pihak kampus UGM, yang menyatakan bahwa ada tekanan dari pihak rektorat kepada takmir masjid UGM agar membatalkan jadwal ceramah Fahri Hamzah pada malam hari tgl 22 Mei 2018.

7. Pada hari selasa pada tanggal 22 Mei, semua acara berlangsung seperti yang dijadwalkan, tetapi karena mendapat informasi bahwa ada pembatalan dari pihak masjid UGM, maka pada tanggal 22 malam tersebut, Fahri Hamzah tidak mendatangi masjid kampus UGM.

8. Pada sore harinya, saat acara berlangsung di UII, pihak takmir masjid mendatangi lokasi UII, meminta maaf atas kejadian tersebut, bahkan juga meminta berfoto-foto, jadi mereka murni meminta maaf, karena mendapat tekanan dari rektorat.

TAGS : Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah Dilarang Ceramah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/35099/UGM-Larang-Pejabat-Negara-Ceramah-Kok-Bisa/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments