Take a fresh look at your lifestyle.

Turki Kritik AS Masukkan Pemimpin Hamas dalam Daftar Teror

0 6
Turki Kritik AS Masukkan Pemimpin Hamas dalam Daftar Teror

Ilustrasi Teroris (Foto: Via Duta Damai)

Ankara – Menteri Luar Negeri Turki mengkritik keputusan Amerika Serikat yang menambahkan nama Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh ke dalam daftar teroris Amerika Serikat

Berbicara dalam konferensi bersama dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki, Mevlut Cavusoglu menyebut waktu yang dipilih Amerika Serikat untuk mengumumkan hal itu sangatlah mencurigakan.

Pada hari Rabu, pemerintah Amerika Serikat menyebut Haniyeh sebagai `teroris dunia` dan memberlakukan serangkaian sanksi terhadapnya.”

“Mereka (Amerika Serikat) mengambil keputusan ini pada saat kesatuan di dalam Palestina telah mulai aman,” kata Cavusoglu, merujuk pada proses rekonsiliasi antara Fatah dan Hamas, di Provinsi Antalya, Sabtu.

Cavusoglu mengatakan, Hamas telah berpartisipasi dalam pemilu 2005, yang mana kala itu dipantau langsung oleh Majelis Parlemen Dewan Eropa dan dievaluasi secara demokratis dan transparan.

Sejak saat itu, imbuh Cavusoglu, Hamas telah ambil bagian dalam politik.

Di tempat yang sama, Al-Maliki juga mencela keputusan Amerika Serikat dan menyebutnya sebagai usaha untuk menggagalkan upaya untuk menyelesaikan dan memperbaiki proses rekonsiliasi.

Al-Maliki menekankan bahwa pemimpin Palestina akan meneruskan rekonsiliasi dengan Ismail Haniyeh sebagai kepala biro Politik gerakan Hamas, demi ketenangan warga Palestina.

Terkait dengan keputusan Amerika Serikat yang berencana menunda kucuran dana bantuan untuk UNRWA sebesar USD65 juta atau sekitar Rp874 miliar, Al-Maliki memandang  Amerika Serikat tengah memberikan tekanan kepada Otoritas Palestina.

“Jika Amerika Serikat sangat perduli tentang terorisme, mereka seharusnya menghentikan dukungan mereka ke organisasi teroris PYG dan PKK. Keputusan ini hanyalah contoh lain atas standar ganda  Amerika Serikat untuk menangani masalah terorisme,” imbuh Cavusoglu.

PKK yang dilabeli sebagai kelompok teroris oleh  Amerika Serikat, Uni Eropa dan Turki telah membunuh 40 ribuan orang selama 30 tahun melawan Turki.

 

TAGS : Hamas Amerika Serikat Palestina

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28725/Turki-Kritik-AS-Masukkan-Pemimpin-Hamas-dalam-Daftar-Teror/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments